Menpora: Acara selain Piala Dunia U-20 di SUGBK Harus Persetujuan FIFA

Dirut PPKGBK Rakhmadi Afif Kusumo bertemu Menpora Zainudin Amali
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA Bola – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali, menyatakan bahwa acara di luar Piala Dunia U-20 2023 yang berencana digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno harus berdasarkan persetujuan FIFA.

Timnas Indonesia Moncer! Bung Towel Tetap Kasih Nilai Jeblok ke STY: 6,5 dari 10

Hal itu diungkapkan Menpora Zainudin Amali setelah melakukan pertemuan dengan Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK), Rakhmadi Afif Kusumo, di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu 9 November 2022.

"Kalau FIFA izinkan, silakan saja," kata pria asal Gorontalo.

Prediksi Piala Asia U-23: Korea Selatan vs Timnas Indonesia

Dalam pertemuan tersebut, dikatakan Amali, pihak PPKGBK melaporkan tentang progres perbaikan SUGBK yang telah berjalan. Sekaligus, menyampaikan dukungannya terkait pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023.

Namun, di sisi lain PPKGBK juga menanyakan apakah mereka bisa menggelar kegiatan di luar Piala Dunia U-20 di SUGBK.

Mengganas di Piala Asia, Timnas Indonesia U-23 Jadi Perbincangan di Qatar

Menanggapi hal tersebut, Amali mengatakan sebelumnya sudah berkomunikasi dengan FIFA. Namun, surat itu berisikan jaminan bahwa venue-venue, baik stadion maupun tempat latihan yang sudah ditunjuk FIFA itu akan dijaga kondisinya dan terawat agar siap dipakai untuk perhelatan tersebut.

Maka itu, perihal izin melaksanakan kegiatan di luar Piala Dunia U-20 2023, Amali akan kembali berkonsultasi dengan FIFA namun menyerahkan keputusannya kepada induk organisasi sepakbola dunia itu.

"Jadi, saya tidak mau menjamin andai ada kerusakan. Bukan saya yang ditagih," kata politikus Golkar tersebut.

Untuk diketahui, ada beberapa kegiatan yang rencananya dilaksanakan di SUGBK seperti konser musik Blackpink yang akan digelar pada 11-12 Maret 2023. Sebulan sebelumnya juga akan ada konser Raisa pada 25 Februari 2023.

Selain itu, ada pula Piala AFF 2022 yang berlangsung pada 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023.

Perwakilan FIFA sendiri kabarnya akan datang lagi untuk melakukan inspeksi pada bulan November ini untuk mengecek kesiapan stadion-stadion yang akan digunakan pada Piala Dunia U-20 2023.

Di situ bisa menjadi momentum apakah SUGBK bakal mendapatkan izin menggelar kegiatan lain di luar Piala Dunia U-20 2023 atau tidak.

Piala Dunia U-20 2023 akan digelar pada 20 Mei-11 Juni 2023 di enam stadion yaitu SUGBK di Jakarta, Stadion Jakabaring di Palembang, Stadion Si Jalak Harupat  di Bandung, Stadion Manahan di Solo, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya dan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya