5 Pemain Liga 1 Indonesia Pernah Berlaga di Piala Dunia, No 4 Bawa Arema Juara

Bintang Persib Bandung, Michael Essien.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Ali Wafa

VIVA Bola - Piala Dunia 2022 Qatar sudah bergulir, 32 negara telah bersiap berlaga diajang empat tahun sekali ini. Namun ada sejumlah pemain yang pernah mencicipi Liga 1 Indonesia.

Kisah Kontroversial Pernikahan Pendeta 63 Tahun dengan Gadis 13 Tahun di Ghana

Akan tetapi sejumlah pemain tersebut tidak bermain begitu lama bersama klub-klub Liga 1 Indonesia. Bahkan di antaranya pernah membawa negaranya meraih gelar Piala Dunia. Berikut beberapa pemain Liga 1 Indonesia yang pernah berlaga di Piala Dunia, seperti dilansir berbagai berbagai sumber:

Yuu Scroll ke Bawah

Liga Champions Asia dan Piala AFC Berubah Format Musim Depan, Klub Indonesia Ikut yang Mana?

1. Mario Kempes - Timnas Argentina

Legenda timnas Argentina, Mario Kempes.

Photo :
  • espn
Lebaran Cuma Libur Singkat, Arema FC Geber Persiapan Tatap Lanjutan Liga 1

Mario Kempes merupakan salah satu legenda sepakbola Timnas Argentina. Selain itu, ia berhasil membawa Timnas Argentina meraih gelar juara Piala DUnia pada 1978. Menjelang akhir karirnya, ia pernah memperkuat salah satu klub Liga 1 Indonesia yaitu Pelita Jaya pada 1996 dan tercatat sudah mencetak 12 gol dari 18 pertandingan.

Selain itu, Mario Kempes juga pernah membela klub besar Eropa seperti Valencia dan berhasil mencetak 95 gol dari 143 pertandingan selama empat musim berlaga di klub asal LaLiga tersebut.

2. Michael Essien - Timnas Ghana

Gelandang Persib Bandung, Michael Essien

Photo :
  • Istimewa

Michael Essien merupakan salah pemain Timnas Ghana yang pernah mencicipi Piala Dunia 2006. Pesepakbola berusia 39 tahun tersebut pernah malang melintang di berbagai klub Besar Eropa seperti Chelsea, AC Milan hingga Real Madrid.

Ketika bersama Chelsea, Michael Essien pernah pernah dua trofi Premier League pada musim 2006 dan 2010. Setelah malang melintang di sepak bola Eropa, Michael Essien pernah berlaga di Liga 1 Indonesia bersama Persib Bandung pada 2017, namun ia hanya mampu bertahan selama satu musim dengan mencetak lima gol dari 29 pertandingan.

3. Didier Zokora - Timnas Pantai Gading

Didier Zokora (tiga kanan) memperlihatkan jersey SPFC

Photo :

Didier Zokora merupakan mantan pemain Timnas Pantai Gading yang kini berlaga di Liga 1 Indonesia bersama Semen Padang pada 2017. Selain itu, ia pernah membela beberapa klub besar Eropa seperti Tottenham Hotspur dan Sevilla. Didier Zokora pernah membela Timnas Pantai Gading di Piala Dunia pada 2006, 2010 dan 2014.

4. Pierre Njanka - Timnas Kamerun

Pemain Persija Pierre Njanka

Photo :
  • VivaNews/ Nurcholis Lubis

Pierre Njanka pernah bergabung bersama Timnas Kamerun untuk Piala Dunia pada 1998 dan 2002 dan tercatat sudah 47 kali bermain serta mencetak dua gol untuk Timnas Kamerun.

Namun perlu diketahui, bahwa Pierre Njanka pernah membawa sejumlah klub Indonesia, diantaranya Persija Jakarta, Arema Indonesia, Mitra Kukar hingga Persisam Putra Samarinda. Selain itu, pria berusia 47 tahun tersebut pernah membawa Arema Indonesia meraih gelar juara Liga 1 Indonesia pada 2010 serta mencetak 10 gol dari 38 penampilan.
 
5. Peter Odemwingie - Timnas Nigeria

Striker Madura United, Peter Odemwingie

Photo :
  • Istimewa

Peter Odemwingie merupakan mantan pemain Timnas Nigeria meskipun ia lahir di Uni Soviet. Ia pernah membela beberapa klub Premier League seperti West Bromwich Albion, Cardiff FC hingga Stoke City.

Bersama Timnas Nigeria, Peter Odemwingie pernah bermain di Piala Dunia 2010 dan 2014. Selama membela Timnas Nigeria, ia tercatat sudah mencetak 10 gol dari 63 pertandingan. Kini Peter Odemwingie pernah bermain di Liga 1 Indonesia bersama Madura United pada 2017 dan tercatat sudah mencetak 15 gol dari 22 pertandingan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya