Ketika Timnas Indonesia Permalukan Qatar di Piala Asia

Timnas Indonesia saat menghadapi Qatar di Piala Asia 2004
Sumber :
  • AP Photo/Ng Han Guan

VIVA Bola – Nasib miris dialami Timnas Qatar di Piala Dunia 2022. Berstatus sebagai tuan rumah, The Maroon malah menjadi tim pertama yang harus tersingkir.

Ini Bintang Timnas Indonesia Usai Bantai Yordania di Piala Asia U-23

Dua laga sudah dilakoni Qatar di penyisihan Grup A, dan harus berakhir dengan kekalahan. Tim besutan Felix Sanchez takluk 0-2 dari Ekuador lalu dipermalukan Senegal 1-3.

Bicara mengenai Qatar, ternyata Timnas Indonesia memiliki momen manis saat bertemu negara Timur Tengah tersebut. Momen tersebut terjadi di Piala Asia 2004 yang berlangsung di China.

Kata PSSI soal Nathan Tjoe-A-On Tinggalkan Timnas Indonesia U-23

Ketika itu, Indonesia ditangani Ivan Kolev. Sedangkan Qatar ditukangi Philippe Troussier yang mengantarkan Jepang juara Piala Asia 2000. Bahkan Troussier terpilih sebagai pelatih Terbaik Asia 2000.

Timnas Indonesia U-23 Cetak Sejarah, Kolaborasi PSSI dan Tim Pelatih Berbuah Manis

Qatar percaya diri bisa mengalahkan Indonesia. Apalagi, dalam dua edisi Piala Asia sebelumnya pada 1996 dan 2000, Skuad Garuda tak pernah mengemas satu pun kemenangan.

Kejutan Indonesia

Dilansir berbagai sumber, Indonesia tampil mengejutkan di Workers Stadium Beijing, pada 18 Juli 2004. Meski tak diunggulkan Skuad Garuda malah menang 2-1.

Indonesia unggul dua gol terlebih dahulu lewat aksi Budi Sudarsono (21') dan Ponaryo Astaman (48'). Qatar membalas satu gol melalui Magid Mohamed (83').

Ini menjadi catatan bersejarah, karena menjadi kemenangan perdana Indonesia di putaran final Piala Asia. Sementara itu, Troussier dipecat Qatar dua hari usai kekalahan ini.

Sayang, Indonesia tetap gagal melangkah ke perempatfinal. Dalam dua laga selanjutnya, Skuad Garuda dihajar China 0-5 dan takluk 1-3 dari Bahrain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya