Shin Tae-yong Desak Pemain Timnas Indonesia Harus Bisa Bertahan dan Menyerang Sama Baiknya

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pimpin latihan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA

VIVA Bola – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mendesak anak asuhnya untuk bisa bermain sama baiknya saat bertahan dan menyerang. Menurutnya, hal itu lumrah dalam sepakbola modern.

Shin Tae-yong menyampaikan pesan itu saat memimpin latihan beban pemain Timnas Indonesia, pada Selasa 29 November 2022. Latihan beban itu, kata STY, sangat penting untuk penguatan dan fisik dasar.

Media AS Sorot Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam: Patut Mendapat Pujian

Latihan Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2022.

Photo :
  • Instagram/@baliunitedfc

6 Tim Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Gimana Peluang Timnas Indonesia?

"Kalian pastinya tidak latihan penguatan di tim. Jadi latihan penguatan dasar dan latihan fisik juga. Kita akan persiapkan itu," ucap Shin Tae-yong, seperti dilansir dari kanal YouTube PSSI, Rabu 30 November 2022.
5 Daftar Harga Tertinggi Pemain Timnas Indonesia Versi Transfermarkt


"Kalian pasti menonton Piala Dunia. Sebaik apa pun kemampuan, kalau tidak punya fisik dasar dan penguatan dasar, pasti tidak bisa melakukan permainan yang baik. Itu salah satu prinsip saya," sambungnya.

Fisik prima dan kuat diperlukan setiap pemain agar mampu menjalankan dua tugas sekaligus di lapangan, yakni bertahan dan menyerang.


"Sepak bola modern sekarang, bukan terbagi dua, menyerang dan bertahan. Selain kiper, semua harus main tanpa posisi itu. Pemain Indonesia biasanya dibagi dua, pemain bertahan hanya bertahan, menyerang untuk menyerang, tidak ada itu," jelas Shin Tae-yong.

"Pemain bertahan harus bisa menyerang, menyerang bisa bertahan," terangnya.

Shin Tae-yong akan rutin membawa pemain ke pusat kebugaraan untuk menjalani latihan beban setiap hari setidaknya selama sepekan.

"Latihan pagi weight training dan sore di lapangan," tutur sosok asal Korea Selatan tersebut.
Timnas Indonesia vs Vietnam di SUGBK

Terkuak, Alasan Timnas Indonesia Tidak Menggunakan Logo PSSI di Jersey

Di balik gegap gempita sepak bola Indonesia, terselip sebuah pertanyaan menarik, mengapa Timnas Indonesia menggunakan logo Garuda Pancasila, bukan logo federasi PSSI?

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024