Janji Ilija Spasojevic Usai Sempat Lama Diabaikan Shin Tae-yong

Penyerang Timnas Indonesia, Ilija Spasojevic.
Sumber :
  • PSSI

VIVA Bola – Striker Bali United, Ilija Spasojevic, akhirnya mendapatkan kepercayaan dari Shin Tae-yong untuk bergabung dengan Timnas Indonesia dalam persiapan menuju Piala AFF 2022. Shin Tae-yong memanggil Spaso untuk mengikuti pemusatan latihan atau training camp (TC) Timnas Indonesia di Bali.

Terpopuler: Harga Pemain Timnas Indonesia Paling Mahal, Naturalisasi Shin Tae-yong

Pemain berusia 35 tahun itu sebelumnya tidak masuk ke dalam daftar 28 pemain yang dipanggi. Spaso dipanggil untuk bergabung menggantikan penyerang Persikabo 1973, Dimas Drajad, yang mengalami cedera.

Ilija Spasojevic, striker Timnas Indonesia

Photo :
  • PSSI
Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Dipanggilnya Spaso ke Timnas Indonesia agak mengejutkan pecinta sepakbola nasional, lantaran dirinya sempat diabaikan Shin Tae-yong. Pelatih asal Korsel itu pernah mengatakan bahwa Spaso bukan tipikal striker yang dia inginkan.

Ketika itu, Shin Tae-yong menilai Spaso sudah agak tua dan kondisi fisiknya mulai melemah. Sehingga, dirinya tidak yakin pemain berdarah Montenegro itu cocok dengan taktik permainannya yang cepat.

Alasan Haru Jay Idzes Rela Lepas Kesempatan Bermain dengan Timnas Belanda Demi Garuda

Padahal, Spaso telah membuktikan diri membantu Bali United meraih gelar juara Liga 1 dua musim berturut-turut. Bukan hanya itu, dia juga sukses menyabet trofi pencetak gol terbanyak Liga 1 musim lalu.

Kini, Shin Tae-yong tampaknya berubah pikiran tentang Spaso dan memang tak punya opsi lain untuk menggantikan Dimas Drajad, karena kompetisi terhenti. Penyerang berusia 35 tahun itu juga sudah melakoni latihan bersama skuad Garuda di Lapangan Pantai Purnama, Gianyar, Bali pada Selasa 30 November 2022.

Spaso pun mengungkapkan kegembiraannya bisa kembali bergabung timnas Indonesia. Dia berjanji akan membuktikan diri agar layak membela skuad Garuda di Piala AFF 2022 yang digelar akhir 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

"Saya sangat senang dan bangga bisa menjadi bagian dari Timnas Indonesia lagi setelah cukup lama tidak dipanggil. Saya dapat kesempatan lagi dan saya percaya saya bisa menjawab kepercayaan coach Shin Tae-yong," kata Spaso, seperti dikutip dari situs resmi PSSI, Kamis 1 Desember 2022.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Photo :
  • ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

Meski baru bergabung setelah TC memasuki hari ketiga, Spaso merasa percaya diri dengan kondisi fisiknya. Sebab, dia rutin berlatih dengan Bali United meski kompetisi Liga 1 belum bergulir imbas tragedi Kanjuruhan.

"Kondisi fisik saya bagus karena Bali United tetap latihan enam kali dalam seminggu walau pun liga lagi tidak jalan. Jadi saya datang ke TC timnas sudah siap untuk main," tutur eks striker Persib Bandung tersebut.

Spaso juga memiliki modal performa cukup impresif di atas lapangan musim ini. Dari 11 laga yang dilakoni di Liga 1 2022/23, dia sudah mencetak 7 gol dan satu assist.

Pada ajang Piala AFF 2022, Indonesia tergabung di grup A bersama Kamboja, Brunei Darussalam, Filipina dan juara bertahan Thailand. Tim besutan Shin Tae-yong itu akan menjamu Kamboja pada laga perdana tanggal 23 Desember mendatang.

Kemudian bertandang ke Brunei pada 26 Desember, lalu menerima kedatangan Thailand pada 29 Desember. Laga pamungkas Indonesia di grup A akan menghadapi Filipina pada 2 Januari 2023.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya