Liga 1: Comeback Apik Persebaya Buat Barito Menangis di Maguwoharjo

Pemain Persebaya Surabaya.
Sumber :
  • ligaindonesiabaru.com

VIVA Bola – Persebaya Surabaya menandai bergulirnya kembali Liga 1 2022/23 dengan kemenangan atas Barito Putera. Dalam duel yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa 6 Desember 2022, Bajul Ijo yang sempat tertinggal berhasil membalikkan keadaan dan menang 3-2.

Dihantui Degradasi, Bhayangkara FC Tolak Menyerah Lawan Persib Bandung

Di bawah guyuran hujan, Barito memulai laga dengan agresif dalam menekan pertahanan Persebaya. Terbukti, mereka berhasil mencetak gol cepat di menit 14.

Adalah Rafael Silva yang mengoyak gawang Persebaya. Dia memanfaatkan umpan dari Rizky Pora.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Persib Bandung vs Bhayangkara FC di Liga 1

Persebaya cukup sulit menembus pertahanan Barito. Pun, penyelesaian akhir masih mentah dan mudah diantisipasi para pemain bertahan Laskar Antasari. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Persebaya memulai babak kedua dengan tempo tinggi. Mereka langsung menekan pertahanan Barito guna mencari gol penyeimbang.

Sehari Perkuat Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri Langsung Main Bersama Dewa United

Juninho menekan dari sisi kiri dan sempat melepaskan tembakan namun bisa diblok Renan Alves dan menghasilkan sepak pojok.

Ternyata, dari sepak pojok itulah hadir gol penyama kedudukan bagi Persebaya. Leo Lelis mampu memaksimalkan situasi tersebut untuk mengoyak gawang Barito dengan tandukan terarah ke pojok kiri gawang. Skor 1-1 di menit 47.

Hanya berjarak empat menit, Bajul Ijo mampu membalikkan keadaan. Serangan sporadis yang dilakukan pasukan Aji Santoso membuat pertahanan Barito kocar-kacir.

Hingga akhirnya muncul gol bunuh diri yang dibuat Frank Sokoy di menit 51.

Kondisi tersebut membuat permainan menjadi lebih menarik. Sebab, kedua tim jadi keluar menyerang dan silih berganti mengancam pertahanan lawan.

Peluang terbaik Barito muncul di menit 63. Rizky Pora yang menerima umpan dari sisi kanan dan langsung berhadapan dengan kiper Ernando Ari. Sial, bola bisa dihalau Ernando dan cuma menghasilkan tendangan sudut.

Petaka hadir bagi Laskar Antasari di menit 76. Leo Lelis kembali menggetarkan jala gawang Barito dari situasi tendangan bebas.

Tembakan pertamanya sempat membentur pagar betis Barito, tapi percobaan kedua meluncur deras menembus gawang Laskar Antasari. Skor 3-1.

Barito yang tertinggal enggan menyerah begitu saja. Hanya berjarak enam menit, mereka kembali menipiskan jarak.

Buyung Ismu Lessy mampu meliuk-liuk di kotak penalti Persebaya sebelum melesakkan bola ke dalam gawang Persebaya.

Laskar Antasari terus berupaya mencari gol penyeimbang di sisa laga. Namun, tak ada lagi gol tercipta dan kemenangan menjadi milik Persebaya.

Susunan Pemain

Persebaya Surabaya: Ernando Ari (PG); Leo Lelis, Koko Ari Araya, Riswan Lauhim, Alwi Slamat, Higor Vidal, Muhammad Hidayat, Andre Oktoviansyah (Brylian Aldama 46'), Altariq Ballah, Juninho, Sho Yamamoto.

Barito Putera: Banua Norhalid (PG); Renan Alves, Donni Monim, Frank Sokoy, Rafinha, Rizky Pora (Ferdiansyah 68'), Bayu Pradana, Rafi Syarahil (Luthfi Kamal 67'), Reza Zuhro, Rafael Silva (Buyung Ismu Lessy 46'), Bagas Kaffa. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya