Liga 1: PSM Ngamuk, Persita Dibuat Tak Berdaya

Pemain PSM Makassar merayakan gol
Sumber :
  • Twitter/@PSM_Makassar

VIVA Bola – PSM Makassar terus memperlihatkan kepantasannya menjadi salah satu calon kuat juara musim ini setelah kembali mempertahankan puncak klasemen usai melibas Persita Tangerang pada lanjutan Liga 1 2022/23 yang digelar di Stadion Sultan Agung, Bantul, Kamis 8 Desember 2022.

Persib Bandung dalam Atmosfer Bagus Jelang Lawan Borneo FC

Tanpa ampun, Juku Eja menghajar Persita dengan skor telak 3-1.

PSM dan Persita menerapkan tempo tinggi dalam pertandingan ini. Kedua tim tampil ngotot dan menyajikan aksi saling serang di awal babak pertama.

Respons Pelatih Persib Usai Championship Series Liga 1 Dipastikan Pakai VAR

Kondisi tersebut membuat sejumlah peluang tercipta saat laga belum genap berjalan 10 menit. Menit keenam, PSM mendapatkan kesempatan mengancam gawang Persita melalui upaya Ricky Pratama yang belum mengancam.

Setelah menunggu cukup lama, tim asal Sulawesi Selatan itu benar-benar mencetak gol di menit 34. Elisa Basna dianggap melanggar Victor Dethan di kotak terlarang.

Erick Thohir Beri Kabar Baik soal Nathan Tjoe-a-On, Bisa Bela Timnas Indonesia Vs Korea Selatan

Everton yang menjadi algojo tanpa kesalahan menyelesaikan tugasnya dan membawa Juku Eja unggul 1-0.

Persita mengejutkan PSM dengan mencetak gol penyeimbang di menit 42. Ezequiel Vidal yang berdiri cukup bebas di kotak penalti lawan mendapatkan umpan lambung dan tanpa ragu melepaskan tembakan ke pojok kanan gawang yang tak mampu dihalau Reza.

PSM masih mengajak Persita untuk tampil dengan tempo tinggi di babak kedua. Sangat terlihat, Juku Eja ngotot dalam mencari gol tambahan.

Tapi, justru Pendekar Cisadane yang mampu merepotkan barisan pertahanan PSM di awal babak kedua. Ramiro Fergonzi beberapa kali melepaskan tambakan yang masih belum menemui sasaran.

Persita sejatinya mampu mencetak gol di menit 54, kembali melalui Vidal. Tapi, gol itu dianulir akibat terjebak offside.

Berselang lima menit, PSM mengejutkan Persita dengan mencetak gol kedua yang disumbangkan Yance Sayuri.

Memanfaatkan set piece dari Akbar Tanjung, Yance langsung melakukan first time volley ke pojok kiri atas gawang Dhika.

Pelatih Angel Alfredo Vera langsung melakukan pergantian tak lama setelah tertinggal. Dua pemain bertipe menyerang, Osas Saha dan Paulo Sitanggang, dimasukkan untuk menambah daya gedor Persita.

Strategi tersebut sebenarnya mampu menambah variasi serangan Persita. Sayang, mereka belum bisa menciptakan gol.

Yang terjadi justru Juku Eja kembali menambah pundi-pundi golnya di menit 83 yang ditorehkan Kenzo Nambu. Dia mengecoh Muhammad Toha sebelum menyepak bola ke arah tiang jauh yang tak bisa dijangkau Dhika.

Kemenangan ini membuat PSM kokoh di puncak klasemen dengan 28 angka sekaligus mempertahankan rekor belum terkalahkan. Sementara, Persita tertahan di peringkat 6 dengan 22 poin.

Susunan Pemain

PSM Makassar: Muhammad Reza Pratama (PG); Safruddin Tahar, Yuran Fernandes, Yance Sayuri (Donald Bissa 80'), Agung Mannan, Victor Dethan (Dallen Doke 57'), M Arfan, Akbar Tanjung (Bryan Cesar 90'), Everton Nascimento (M Hidayat 80'), Kenzo Nambu, Ricky Pratama (Erwin Pratama 80').

Persita Tangerang: Dhika Bayangkara (PG); Agustin Cattaneo, Arif Setiawan, Muhammad Toha, Yohanes Kandaimu, Bae Sin-yeong, Elisa Basna (Paulo Sitanggang 66'), Fahreza Sudin (Khairul Zakiri 83'), Ramiro Fergonzi, Ezequiel Vidal (Sirvi Arvani 83'), Wildan Ramdhani (Osas Saha 66').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya