Disaksikan Jokowi, Ini 5 Fakta Menarik Duel Timnas Indonesia vs Thailand

Piala AFF 2022: Duel Timnas Indonesia vs Thailand
Sumber :
  • Twitter: PSSI

VIVA Bola - Timnas Indonesia gagal meraih poin sempurna setelah ditahan imbang 1-1 atas Thailand dalam lanjutan Piala AFF pada Kamis kemarin, 29 Desember 2022.

Pemain Korea Selatan Puji Timnas Indonesia U-23

Dalam laga tersebut, Timnas Indonesia berhasil membuka keunggulan melalui tendangan penalti Marc Klok di menit ke 50. Namun keunggulan skuad asuhan Shin Tae-yong tidak bertahan lama setelah Sarach Yooyen mampu menyeimbangkan kedudukan di menit ke 79.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia berada di peringkat kedua dengan tujuh poin. Sementara Thailand berada di puncak Grup A dengan poin sama hanya unggul dalam selisih gol. Berikut Fakta menarik duel Timnas Indonesia vs Thailand sebagai berikut:

PSSI Tempuh Jalur Tak Normal Supaya Nathan Tjoe-A-On Bela Timnas U-23 Indonesia di Perempat Final

1. Witan Sulaeman Gagal Cetak Gol

Momen Witan Sulaeman gagal cetak gol

Photo :
  • tangkapan layar

Korea Selatan Dapat Kabar Buruk Jelang Lawan Timnas Indonesia U-23

Witan Sulaeman bermain sebagai penyerang gagal memanfaatkan peluang yang seharusnya bisa menjadikan pembuka gol Timnas Indonesia di menit ke 39. Berawal kiper Thailand yang maju ke depan sambil menggiring bola, lalu Witan Sulaeman berhasil merebut bolanya, namun saat hendak ditendang bola malam membentur tiang gawang.

Kejadian tersebut menjadi sorotan akun bola internasional @Troll_Footbal dengan memberikan keterangan, "Ada berapa Darwin Nunez di Indonesia?" tulis akun tersebut menggunakan bahasa Inggris.

2. Gagal Memanfaatkan Kekurangan Pemain Thailand

Pemain Timnas Indonesia rayakan gol Abimanyu

Photo :
  • Twitter PSSI

Timnas Indonesia gagal memanfaatkan kekurang pemain Thailand setelah Wichaya Dechmitr mendapatkan kartu merah di menit ke 62. Pada waktu itu, Timnas Indonesia sedang unggul, namun di menit ke 79 malah kecolongan gol penyeimbang.

3. Jokowi Turut Hadir Menyaksikan Timnas Indonesia

Presiden Jokowi menyaksikan laga Timnas Indonesia vs Timnas Kamboja di GBK

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Presiden Indonesia, Jokowi turun hadir menyaksikan laga Timnas Indonesia vs Thailand serta di dampingi oleh Ibu Iriana. Ia terlihat berada di bangku penonton VIP. Ketika skuad asuhan Shin Tae-yong berhasil unggul, Jokowi langsung bersorak kegirangan. Namun dalam laga tersebut, Timnas Indonesia belum bisa memberikan hasil yang terbaik.

4. Marc Klok Tampil Gemilang

Marc Klok bermain sebagai gelandang tampil gemilang, ia berhasil menyumbangkan satu gol lewat tendangan penalti. Selain itu, pemain Persib Bandung tersebut terlihat beberapa kali melakukan umpan terobosan serta umpan silang ke jantung pertahanan Thailand. Namun penampilan gemilangnya tak mampu membawa Timnas Indonesia meraup tiga poin.

5. Kesalahan Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Photo :
  • PSSI

Media sosial diramaikan dengan taktik yang diterapkan Shin Tae-yong, sebagian netizen di media sosial mengkritik taktik yang diterapkan pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Shin Tae-yong terlalu banyak bereksperimen mengenai posisi pemain. Selain itu, kesalahan terbesarnya adalah menarik Rachmat Irianto di menit ke 75 yang berposisi sebagai gelandang bertahan. Berselang empat menit dari pergantian pemain, Timnas Indonesia malah kebobolan gol penyeimbang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya