Piala AFF 2022: Rumput Sintetis Jadi 'Kartu As' Filipina Hadapi Indonesia

Rizal Memorial Stadium
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA Bola – Pertandingan pamungkas Grup A Piala AFF 2022 akan mempertemukan Filipina vs Indonesia di Rizal Memorial Stadium, Manila pada Senin malam WIB 2 Januari 2023. Tuan rumah ingin manfaatkan faktor rumput sintetis lapangan.

Kapten Timnas Indonesia U-23 Sambut Baik Kembalinya Nathan Tjoe-A-On

Pelatih Timnas Filipina, Josep Ferre mengatakan, rumput sintetis Rizal Memorial Stadium akan membuat Timnas Indonesia kesulitan. Sebab, skuad asuhan Shin Tae-yong tak terbiasa dengan itu.

Filipina menjadikan faktor itu sebagai sebuah keuntungan. Ferre mengatakan, pantulan dan kecepatan bola di rumput sintetis sangatlah berbeda.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Korea Selatan vs Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Pelatih Timnas Filipina, Josep Ferre (kiri)

Photo :
  • ANTARA/Michael Siahaan

"Rumput artifisial ini akan sangat untuk Indonesia karena pantulan dan kecepatan bola menjadi tidak sama. Kami akan mengambil keuntungan dari situ," kata Ferre, dikutip dari Antara.

Ini Pemain Korea Selatan yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Filipina menatap pertandingan ini tanpa ada beban. Karena mereka sudah dipastikan tidak akan lolos ke babak semifinal. Melakoni tiga laga, mereka kalah dua kali, dan sekali menang.

Meski begitu, Ferre tak ingin anak asuhnya tak tampil semaksimal mungkin. Dia ingin bisa mendapat hasil baik dalam pertandingan ini sebagai penghapus kekecewaan suporter.

Pemain Timnas Filipina, Sandro Reyes rayakan gol

Photo :
  • instagram.com/phifootballfederation

Apalagi ini adalah pertandingan kandang mereka, dan terakhir di Piala AFF 2022. Jangan malah menambah rasa kecewa bagi mereka yang telah memberi dukungan.

"Kami akan berjuang keras sampai menit akhir demi mendapatkan hasil yang bagus di sini," tutur juru taktik berusia 40 tahun tersebut.

Terkait dengan absennya Jordi Amat, bagi Ferre itu bukanlah keuntungan yang bagus bagi anak asuhnya. Karena dalam skuad Indonesia, ada pemain lain yang tak kalah bagus dari pemain naturalisasi tersebut.

"Jordi itu pemain berpengalaman dan bisa diandalkan, tetapi dia bisa digantikan siapa saja dengan level yang sama," ujarnya.

Indonesia sementara ini ada di urutan kedua klasemen Grup A Piala AFF 2022. Mereka mengantongi tujuh poin, sama dengan Thailand yang ada di puncak. Namun, selisih gol Skuad Garuda kalah.

Jika Indonesia minimal meraup satu poin melawan Filipina, tiket ke semifinal sudah pasti didapat. Tinggal satu lagi diperebutkan Thailand dan Kamboja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya