Persiapan Lanjutan Liga 2, Tim Mabes Polri Datangi Stadion Teladan Medan

Tim Mabes Polri Datangi Stadion Teladan Medan.
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra

VIVA Bola – Stadion Teladan, Kota Medan yang merupakan kandang atau homebase dari PSMS Medan dan Karo United didatangi oleh tim Mabes Polri, untuk melakukan penilaian risk assessment, Selasa 3 Januari 2023. Hal ini, dalam rangka melihat keamanan stadion jelang Liga 2 2022/2023 bergulir kembali.

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

Tim risk assessment Mabes Polri dipimpin langsung oleh Kombes Pol. Murry Mirranda. Dalam kunjungan mereka, tim menjelaskan item-item yang dinilai kepada panitia pelaksana (panpel) PSMS dan Karo United di Sekretariat PSMS, Komplek Stadion Mini Kebun Bunga, Medan.

Selain pihak Panpel PSMS dan Karo United, dalam pemaparan itu turut hadir pihak pengelola Stadion Teladan yakni Dispora Medan. Lalu turut hadir dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Medan, Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, Polda Sumut, Polrestabes Medan dan Polsek Medan Kota.

Jelang Lebaran, Satgas Pangan Polri Waspadai Kelonjakan Harga Bahan Pokok di Babel

Untuk diketahui, risk assessment merupakan proses untuk mengidentifikasi potensi bahaya dan menganalisis apa yang dapat terjadi jika kemungkinan bahaya benar-benar terjadi.

Ketua tim risk assessment, Kombes Pol. Murry Mirranda, menjelaskan pihaknya datang sebagai bentuk perpanjangan tangan dari PSSI dan PT. Liga Indonesia Baru (LIB) untuk melakukan assessment. Di mana assessment ini dilakukan agar kejadian seperti tragedi Kanjuruhan tak terulang kembali.

Keliling Pasar di Jatim, Satgas Pangan Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

Markas PSMS Medan, Stadion Teladan

Photo :
  • Istimewa

"Ini bukan hanya terkait administrasi maupun hal-hal yang terkait dengan persyaratan-persyaratan yang diajukan oleh pihak panpel. Tapi kita di sini juga melihat dari aspek dari insfratruktur dari pengelola itu sendiri," sebut Murry kepada wartawan, usai penilaian di Stadion Teladan.

Murry mengungkapkan pihak Mabes Polri sudah banyak melakukan risk assessment di stadion-stadion di seluruh Indonesia, termasuk dari stadion tim Liga 1. 

Dalam penilaian, Murry mengatakan ada infrastruktur stadion bagus. Tapi, administrasi dari panpel itu kurang. Ada juga administrasinya bagus tapi infrastrukturnya kurang. 

"Kita di sini mencari keseimbangan antara itu supaya nantinya pada saat pelaksanaan liga (pertandingan), tidak ada lagi siapa-siapa (pihak) yang disalahkan. Karena kita sudah mengacu pada scoring atau penilaian risk assessment yang kita buat (andai terjadi tragedi pihak itu yang bertanggung jawab)," bebernya," jelas Murry.

"Di sini kita merubah itu, supaya apa? Supaya nanti ada kebijakan dari PSSI terkait masalah infrastruktur maupun segi administrasi panpel ini berimbang," sebut Murry.

Lebih lanjut, Kombes Murry mengatakan, pihaknya hanya sebatas memberi rekomendasi. Namun izin penyelenggaraan sebuah pertandingan tetap ranah dari pihak kepolisian setempat.

"Jadi kita hanya menyarankan saja, mungkin dari tim rekomendasi bahwa infrastruktur ini lah yang harus diubah, bahwa administrasi ini yang harus dilengkapi. Nanti tinggal izinnya itu akan disampaikan oleh pihak intelijen dari Polda maupun dari Mabes Polri, itulah yang mengeluarkan soal izin. Nah kita hanya memberikan rekomendasi kepada pihak intelijen apakah ini bisa dilaksanakan atau tidak," jelas Murry.

Usai melakukan penilaian terhadap Stadion Teladan, sambungnya Kombes Murry, pihaknya juga akan melakukan penilaian risk assessment terhadap Stadion Baharuddin Siregar, Lubukpakam yang tak lain merupakan home base dari PSDS Deli Serdang.

"Selain di sini, kita juga akan melakukan risk assessment di Stadion Baharuddin (Lubukpakam) dari panpelnya PSDS dan besok kita akan ke sana dan sama halnya kita buat seperti di sini (di Stadion Teladan)" sebutnya.

"Dan nanti pada hari ketiga kita akan melakukan review dan melakukan penandatanganan berita acara. Nah berita acara itu yang penting dipegang masing-masing baik panpel maupun pengelola. Supaya apa? Supaya nanti pada saat liga (pertandingan) mereka sudah megang (berita acara) ini bahwa bisa mendapatkan izin untuk melaksanakan liga (pertandingan)," ucapnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya