Cak Imin: Keputusan PSSI Hentikan Liga 2 dan Liga 3 Rusak Tatanan Sepakbola

Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Bola – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memutuskan menghentikan Liga 2 dan Liga 3 Indonesia pasca melakukan rapat Komite Eksekutif (Exco) pada 12 Januari 2023.

Ketum PSSI Erick Thohir Beri Kabar Baik soal Maarten Paes Bela Timnas Indonesia

Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra Muhaimin Iskandar alias Cak Imin pun mempertanyakan kebijakan PSSI terkait keputusan menghentikan Liga 2 dan Liga 3.

”Keputusan menghentikan Liga 2 dan 3 jelas kontraproduktif dengan semangat memajukan persepakbolaan Indonesia. Penghentian liga ini akan mempersempit ruang kaderisasi sepakbola profesional, juga merusak tatanan maupun tata kelola sepakbola di Indonesia,” ujar Cak Imin, Senin, 16 Januari 2023.

Debut Manis Justin Hubner, Cerezo Osaka Raih Kemenangan

Imin juga mempertanyakan keterlibatan dan persetujuan official klub peserta Liga 2 dan Liga 3 dalam keputusan pemberhentian tersebut, sebab dalam pemberitaan media diketahui adanya indikasi tanda tangan palsu yang menyuarakan penghentian kompetisi dari klub peserta namun nyatanya klub tersebut menolak penghentian kompetisi.

Logo PSSI

Photo :
  • Twitter/@PSSI
PKB Klaim Hubungan Prabowo-Cak Imin Akrab, Tak Ada Masalah

”Kami meminta PSSI untuk mengkaji kembali keputusan penghentian Liga 2 dan Liga 3 sebab efek domino dari keputusan tersebut berdampak luas. Salah satunya kepada perekonomian pemain, juga terhadap bisnis sepakbola dan perekonomian daerah,” kata Imin.

Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini lantas mendorong PSSI mencabut keputusan pemberhentian Kompetisi Liga 2 dan Liga 3 dan mengambil kebijakan lain yang lebih merangkul kepentingan banyak pihak serta tidak merusak tatanan kompetisi sepakbola di Indonesia.

“Berikanlah ruang lebih banyak bagi bakat-bakat muda untuk berkompetisi. Bagaimana mungkin kita bisa mencetak prestasi kalau tidak ada kompetisi yang disiapkan oleh PSSI,” ujarnya.

Menurut Imin, pembenahan harus dilakukan ketika ada persoalan dalam pelaksanaan liga. Namun, pembenahan tidak harus dengan cara memberangus keberlangsungan liga yang menjadi tempat mengasah sekaligus mengukir prestasi sepak bola di Tanah Air.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya