Daftar Pemain Terbaik dan Top Skor Piala AFF 2022

Thailand vs Vietnam final Piala AFF 2022
Sumber :
  • AP Photo/Kittinun Rodsupan

VIVA Bola – Pemain terbaik Piala AFF 2022 menjadi milik kapten Thailand, Theeraton Bunmathan. Dia juga menjadi pahlawan atas gelar juara tim berjuluk Gajah Perang untuk menggondol gelar juara.

Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Theeraton mencetak gol kemenangan Thailand atas Vietnam di Thammasat Stadium. Keunggulan satu gol tanpa balas membuat Thailand menang agregat 3-2 atas Vietnam di final Piala AFF 2022.

Theeraton yang sudah berusia 33 tahun menjadi andalan pelatih Alexandre Polking untuk memimpin rekan-rekannya. Sepanjang Piala AFF 2022, tercatat dia menyumbangkan enam assist.

Shin Tae-yong Dapat Kabar Baik dari Erick Thohir soal Perpanjangan Kontrak

Thailand vs Vietnam final Piala AFF 2022

Photo :
  • AP Photo/Kittinun Rodsupan

Pencetak gol terbanyak pada Piala AFF 2022 ada dua pemain. Mereka adalah penyerang Thailand, Teerasil Dangda dan andalan lini depan Vietnam, Nguyen Tien Linh. Keduanya sama-sama mencetak enam gol ke gawang lawan.

Intip Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23

Dua dari enam gol Tien Linh dicetak ke gawang Indonesia saat leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di My Dinh Stadium pada 9 Januari 2023.

Presiden FIFA, Gianni Infantino turut hadir dalam penyerahan gelar juara Piala AFF 2022. Dia yang menyerahkan trofi juara kepada Thailand.

Pemain Timnas Vietnam rayakan gol Nguyen Tien Linh

Photo :
  • AP Photo/Nguyen Manh Quan

Bagi Thailand, ini adalah gelar juara ketujuh Piala AFF sepanjang sejarah. Mereka menjadi negara paling banyak mendapatkannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya