VAR dan Wasit Jadi Perhatian Andre Rosiade Jika Terpilih Jadi Waketum PSSI

Andre Rosiade mendaftar sebagai Wakil Ketua Umum PSSI
Sumber :
  • istinewa

VIVA – Anggota DPR RI, Andre Rosiade, mendaftarkan diri menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. Dia mendaftarkan diri dan menyerahkan berkas pencalonan ke Kantor PSSI di GBK Arena, Jakarta, didampingi CEO Semen Padang FC, Win Bernadino

AHY: Enggak Masalah Kursi Demokrat di DPR Turun, yang Penting Prabowo Menang

Andre mengatakan, alasannya maju menjadi waketum PSSI adalah tekadnya untuk membersihkan sepakbola Indonesia. Satu hal yang paling ia soroti adalah komite Wasit.

'Saya ingin kompetisi di Indonesia bersih tanpa bisa diatur, kasihan pemain dan pelatih sudah berkerja keras tetapi kompetisi bisa diatur,' kata Andre saat dihubungi, Kamis 19 Januari 2023.

Pimpinan DPR Kompak Tak Mau Revisi UU MD3

Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade

Photo :
  • DPR RI

"Saya ingin nantinya pihak Polda setempat yang mengawal wasit dari kedatangan sampai kepulangan sebelum dan sesudah pertandingan. Ini jadi bersifat independent. Tak lagi diatur oleh tim tuan rumah atau Asprov daerah digelarnya pertandingan," sambungnya.

Kemudian, Andre juga ingin mewujudkan sepakbola Indonesia yang lebih bersih dengan adanya penerapan VAR atau Video Assistant Referee.

"Nantinya juga saya ingin adanya VAR di Liga 1 dan Liga 2. Kata orang biayanya mahal? Kita bisa kok dengan berkerja sama bersama hak siar," ucapnya.

"Uang dari pemegang hak siar untuk kompetisi bisa kita alokasikan ke sana dengan laporan transparan dan terperinci. Nantinya SDM kita perlahan diasah dengan menghadirkan konsultan VAR dari FIFA. Tak ada yang tidak mungkin," ucapnya.

Selain memperbaiki kompetisi, Andre juga ingin memperhatikan infrastrukter. Baginya, faktor itu sangat berpesan penting untuk pembinaan usia dini.

"Intinya saya inginkan kompetisi bersih, tetapi saya juga memperhatikan infrastuktur, Timnas, hingga pembinaan usia muda. Bersama Andre Rosiade kita berantas mafia sepakbola," jelasnya.

Andre Rosiade dan beberapa tokoh lainnya akan bertarung memperebutkan kursi Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum PSSI pada Kongres Luar Biasa (KLB) yang digelar 16 Februari 2023. 

Penasihat Klub Semen Padang FC, Andre Rosiade

Photo :
  • VIVA/Edwin Firdaus

Adapun, voters PSSI untuk KLB nanti berjumlah 87, meliputi 34 Asosiasi Provinsi (Asprov), 18 klub Liga 1, 16 tim Liga 2, 16 kesebelasan Liga 3, dan 3 asosiasi (futsal, sepak bola wanita, pelatih sepak bola).


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya