Permintaan Khusus ke FIFA, Indonesia Bakal Bongkar Kebiasaan Lama di Piala Dunia U-20

Ilustrasi SUGBK
Sumber :
  • VIVA / Rizkya Fajarani

VIVA Bola - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia akan diawali dengan pembukaan meriah yang dirancang oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia 2019-2020 Wishnutama Kusubandio.

Airlangga Ogah Komentar soal Menpora Dito Disebut Terima Rp27 Miliar Kasus BTS

"Pak Wishnutama ahli di bidangnya, sudah teruji. Namun ini masih menunggu rapat terbatas dahulu," kata Zaiundin yang juga Ketua Indonesia FIFA U-20 World Cup 2023 Organizing Committee (INAFOC) di Jakarta, Kamis kemarin 19 Januari 2023.

Menurut Zainudin, sebenarnya FIFA tidak terbiasa dengan acara pembukaan dalam Piala Dunia U-20, tetapi Indonesia mengajukan permintaan khusus langsung kepada Presiden FIFA Gianni Infantino karena seremoni tersebut adalah usulan Presiden Joko Widodo.

Bupati Belitung Timur Siap Dukung Kejuaraan Tarkam Kemenpora

"Lalu diizinkan oleh Presiden FIFA. Hanya saja, jangan membayangkan pembukaan itu sama dengan Piala Dunia senior," kata Zainudin.

Wishnutama adalah sosok di balik acara-acara besar bertaraf internasional di Indonesia seperti pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 di Jakarta.

Menpora Dito Bangga dengan Perjuangan Harris Haratius Raih Emas Asian Games

Pada November 2022, Wishnutama juga mendapat sorotan dari pemimpin dunia lantaran sukses merancang acara makan malam yang megah dalam Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, Bali.

Menpora RI Zainudin Amali di Istana Kepresidenan

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Zainudini melanjutkan, rencananya juga akan ada acara penutupan sebelum partai final Piala Dunia U-20 2023 dan acara lain untuk menyambut Piala Dunia U-20 yaitu penyerahan trofi dari tuan rumah sebelumnya yaitu Polandia.

"Rencananya acara itu digelar Februari 2023. Namun saya belum mengetahui tanggal pastinya," tutur dia.

Piala Dunia U-20 2023 digelar di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni dan diikuti 24 negara termasuk Indonesia sebagai tuan rumah.

Turnamen ini menggunakan enam stadion, meliputi Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Jakabaring di Palembang, Stadion Si Jalak Harupat di Bandung, Stadion Manahan di Solo, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya dan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya