4 Calon Wakil Ketua Umum PSSI Gugur

Ketua KP PSSI, Amir Burhanudin
Sumber :
  • istinewa

VIVA Bola – Sebanyak 20 nama dikonfirmasi Komite Pemilihan telah mencalonkan diri sebagai wakil ketua umum (waketum) PSSI.

Pengakuan Erick Thohir dan PSSI soal Kinerja Shin Tae-yong

Namun, ada empat bakal calon ketua umum PSSI yang dipastikan telah gugur. Ketua KP Amir Burhanuddin mengatakan, yang bersangkutan tidak bersedia maju jadi pengurus PSSI periode 2023-2027.

"Karena apa? Karena yang bersangkutan telah menyatakan secara tegas tidak akan maju, contohnya pak Iwan Budianto. Dua lagi tidak ada lembar kesediannya sehingga tidak perlu lagi kita minta memenuhi kelengkapan persyaratannya," kata Amir.

Erick Thohir Buka suara soal Dugaan Pemain Naturalisasi Dibayar Bela Timnas Indonesia

Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi

Photo :
  • Viva/Lucky Aditya

"Jadi yang kita mintakan kelengkapan berkasnya adalah calon-calon yang terkonfirmasi mendatang dukungan dan yang menyatakan bersedia untuk menjadi calon," ucapnya.

Jangan Ragukan Nasionalisme Pemain Naturalisasi Indonesia

Sementara itu, Menpora, Zainudin Amali mengaku tidak dihubungi oleh pihak KP terkait kelengkapan dokumen. Dengan demikian, bisa dipastikan dokumennya sudah lengkap dan tak ada masalah.

"Sudah lengkap. Saya sudah tanda tangan terima. Sudah lengkap," tutur Zainudin Amali saat datang ke GBK Arena untuk rapat membahas persiapan Piala Dunia U-20 2023.

'Tidak ada yang kurang, kan saya sudah bilang tidak berani saya mencalonkan diri kalau persyaratan tidak lengkap. Udahlah, Aman itu."

Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI akan berlangsung pada 16 Februari 2023 dengan agenda pemilihan ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota komite eksekutif (exco) periode 2023-2027 oleh pemilik suara atau voters.

Para pemilik suara PSSI berjumlah 86 plus satu federasi tambahan, dengan rincian 18 klub Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 klub Liga 3, 34 asosiasi provinsi (asprov), dua asosiasi, dan satu federasi futsal Indonesia. 

Menpora RI Zainudin Amali di Istana Kepresidenan

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Penetapan pemilik suara ini berdasarkan peserta kompetisi untuk Liga 1, 2, dan 3. Seluruh atau 18 klub Liga 1 otomatis dapat, sedangkan dari Liga 2 dan Liga 3 hanya 16 atau dipilih berdasarkan posisi dari kompetisi musim sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya