Nick Kuipers Kartu Merah, Luis Milla: Wasit Lakukan Kesalahan

Pelatih Persib Bandung, Luis Milla
Sumber :
  • VIVA/Dede Idrus

VIVA Bola – Duel Persib Bandung kontra Madura United dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan, Jumat 20 Januari 2023, diwarnai kartu merah. 

Hasil Liga 1: Persib Ditahan Imbang Bhayangkara FC, 5 Gol Striker Persik

Wasit Dwi Purba Adi Wicaksana memberikan kartu merah kepada bek Persib, Nick Kuipers di menit ke 86. Pemain asal Belanda itu diganjar kartu merah karena dianggap melakukan pelanggaran terhadap pemain Madura, Lulinha. 

Keputusan wasit Dwi Purba mengusir Nick Kuipers mendapat sorotan dari juru taktik Persib, Luis Milla. Pelatih asal Spanyol ini mempertanyakan keputusan sang pengadil. 

Dihantui Degradasi, Bhayangkara FC Tolak Menyerah Lawan Persib Bandung

Bek Persib Bandung, Nick Kuipers.

Photo :
  • VIVA/Dede Idrus

"Apa menurut kamu mengenai kartu kuning yang diberikan? Apakah itu patut diganjar kartu kuning kedua atau tidak? Kalau menurut saya sebagai pelatih itu bukan merupakan pelanggaran yang harus dihanjar kartu," ujar Milla. 

5 Fakta Menarik Jelang Duel Persib Bandung vs Bhayangkara FC di Liga 1

Milla menilai wasit melakukan kesalahan karena telah menghukum Nick Kuipers dengan kartu merah. Dengan kondisi itu, Maung Bandung harus tampil dengan 10 pemain. 

"Bagi saya, wasit melakukan kesalahan untuk tim kami. Dua pelanggaran, dua kartu dan pelanggaran kedua itu menurut saya tidak perlu mendapatkan kartu. Setelah itu dia membiarkan tim kami bermain dengan sepuluh pemain," ungkapnya. 

"Bagi saya ini merupakan kesalahan besar dan Nick tidak bisa bertanding di laga berikutnya. Untuk pelanggaran pertama mungkin itu bisa diberikan kartu kuning, tapi untuk yang kedua tidak, dia hanya berjuang memperebutkan bola," lanjut pelatih berusia 56 tahun ini. 

Kendati begitu, Milla tetap menaruh hormat terhadap wasit. Tapi, dia berharap pertandingan ke depan wasit bisa mengambil keputusan dengan tepat.

"Jangan salah paham, saya respek kepada wasit dan saya juga tahu betapa sulitnya pekerjaan itu. Tapi mohon untuk bisa mengambil keputusan dengan tepat," kata Milla.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya