Pengakuan Shin Tae-yong soal Misi Besarnya di Indonesia

Shin Tae-yong saat Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2022
Sumber :
  • pssi.org

VIVA Bola – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae yong mengungkapkan tujuannya menangani skuad Garuda bukan sekadar mencari prestasi.

Timnas Indonesia Kebanyakan Naturalisasi? Italia Juga Juara EURO 2020 Berkat Naturalisasi

Shin Tae-yong resmi menjadi pelatih Timnas Indonesia pada akhir Desember 2019 lalu. Dia dikontrak empat tahun setelah dipilih oleh anggota Exco PSSI dengan berbagai pertimbangan. Dia juga direkomendasikan direktur teknik dan beberapa pelatih.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Photo :
  • PSSI
Terpopuler: Shin Tae-yong Dipanggil Haji Lulung, Suporter Liverpool Protes

Shin Tae-yong mengatakan, misi besarnya datang ke Indonesia adalah mengubah sistem sepakbola Indonesia menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“Saya ke Indonesia untuk mengubah sistem sepakbolanya daripada terlalu menitiberatkan kepada prestasi," kata Shin Tae-yong dalam kanal YouTube Myeongjangdeul.

Shin Tae-yong Tak Mau Dibohongi dan Jomplangnya Pemain Korea dengan Indonesia

Menurut Shin Tae-yong, akar sepakbola Indonesia harus kuat lebih dahulu. Setelah itu, organisasi sepakbola Indonesia juga kuat. "Saya berpikir akarnya harus kuat sehingga ke atasnya akan kuat,” ucapnya.

Sejak menjadi pelatih Timnas Indonesia, memang Shin Tae-yong belum mampu memberikan gelar prestisius. Meski begitu, Shin Tae-yong sukses memberikan perubahan pada sepakbola Indonesia. 

Sejauh ini Shin sudah menggantarkan skuad Garuda menjadi runner-up Piala AFF 2020. Kemudian, di kelompok umur, Shin Tae-yong mempersembahkan medali perunggu SEA Games 2021 untuk Timnas Indonesia U-23.

Pencapaian terbaru Shin Tae-yong adalah meloloskan timnas Indonesia ke putaran final Piala Asia 2023. Berkat itu, timnas Indonesia mengakhiri penantian selama 15 tahun untuk kembali lolos ke Piala Asia. 

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pimpin latihan

Photo :
  • ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA

Kali terakhir skuad Garuda tampil di Piala Asia adalah pada edisi 2007. Kala itu, Indonesia lolos sebagai salah satu dari empat tim tuan rumah. Tak hanya itu saja, Shin Tae-yong juga membawa Timnas Indonesia U 20 lolos ke Piala Asia U-20 2023.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya