Pesan Shin Tae-yong ke Timnas U-20: Bermainlah Pakai Otak seperti Messi

Shin Tae-yong saat Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2022
Sumber :
  • pssi.org

VIVA Bola – Shin Tae-yong memimpin pemusatan latihan hari pertama Timnas Indonesia U-20 di Jakarta, Rabu 1 Februari 2023. Latihan fisik menjadi konsen pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Sikap Aneh Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Hadapi Korea Selatan di Piala Asia

Shin Tae-yong juga mengingatkan kepada pemain untuk meniru gaya bermain Lionel Messi. Megabintang Timnas Argentina itu bermain dengan simpel, mengedepankan pikiran.

"Kalian berpikir yang penting main bola saja, itu yang salah. Messi enggak banyak lari, tapi kenapa dia bisa jago mainnya? Karena ketika dia diam, dia tidak lihat bola saja, tapi dia juga memperhatikan di sekitarnya ada apa," kata Shin Tae Yong, dalam Youtube PSSI.

Timnas Indonesia U-23 Dapat Kabar Baik Jelang Lawan Korea Selatan

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Photo :
  • AP Photo/Achmad Ibrahim

"Makanya ketika dapat bola, dia akan kontrol atau passing satu sentuhan, itu yang dia pikirkan. Coba kalian nonton saja pertandingan Messi seperti apa," ujar Shin Tae Yong.

Jawaban PSSI soal Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23 di 8 Besar Piala Asia

Shin Tae-yong juga menyoroti gaya pemain Indonesia yang menuturnya enggan menggunakan logika berpikir saat bertanding. 

"Bukannya kalian tidak jago main bola, tapi kekurangan kita itu tidak berpikir. Karena tidak berpikir maka tidak ada perkembangan juga," kata dia.

"Memang banyak harus kalian pelajari, Messi juga belajar terus, karena walaupun [hebat] begitu dia juga punya kekurangan. Sepak bola sebagai olahraga pasti ada kesalahan," sambungnya.

Di TC kali ini, Shin Tae-yong memanggil 30 pemain. Tercatat ada sejumlah nama baru dipanggil seperti Brandon Scheunemann (PSIS), Hugo Samir (Persis) dan Ahmad Raia (Persik). 

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pimpin latihan

Photo :
  • ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA

Selain itu juga terdapat pemain dari tim U-16 tahun lalu yakni Arkhan Kaka (Persis) dan Sulthan Zaky (PSM). 

Adapun TC ini bagian dari persiapan Piala AFC U-20 2023. Pada ajang Piala AFC U-20 yang dihelat di Uzbekistan, Indonesia berada di grup A bersama tuan rumah, Irak, dan Suriah.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya