Panas, Thomas Doll Semprot Shin Tae-yong soal TC Jangka Panjang

Pelatih Persija jakarta, Thomas Doll
Sumber :
  • Perija

VIVA Bola - Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll keberatan sembilan pemainnya dipanggil Shin Tae-yong untuk menjalani TC jangka panjang untuk persiapan Piala Asia U-20.

Dari Penerjemah Shin Taeyong ke Bintang YouTube, Kisah Jeje Bersinar Bersama Ahjussi Gaul

Adapun sembilan pemain Persija yang dipanggil adalah Achmad Maulana Syarif, Alfriyanto Nico Saputro, Cahya Supriadi, Doni Tri Pamungkas, Frengky Deaner Missa.

Kemudian Ginanjar Wahyu Ramadhan Muhammad Ferarri, Resa Aditya Nugraha, dan Barnabas Sobor. Mereka semua memang sering mendapatkan menit bermain dari Thomas Doll.

Marselino Ferdinan Bisa Duet dengan Jebolan Liverpool Jika Gabung Oxford United

Doll geram karena program TC jangka panjang Shin Tae-yong. Padahal, selama karier kepelatihannya, ia tak pernah melihat ada sebuah tim menjalani TC seperti yang dilakukan Shin Tae-yong.

"Percaya sama saya di Eropa di Amerika Selatan gak ada TC panjang-panjang karena semua tampil di liga utamanya di mana kalau ada Piala Dunia akan tampil di kompetisi," kata Doll.

Polusi Udara Jakarta Jadi Sorotan Pemain Keturunan Timnas Indonesia

"Karena sampai sekarang di klub Eropa dan Amerika klub yang gaji pemain itu. Mungkin di korsel agak berbeda," ucapnya.

Lebih lanjut, Doll mengatakan, pemain muda lebih baik diberikan kesempatan untuk merasakan atmosfer kompetisi. Karena, di klub pemain-pemain tersebut akan terbentuk mental dan tekniknya karena berhadapan dengan pemain-pemain yang lebih senior.

"Di sini saya tidak bicara sebagai manajer Persija karena harusnya pemain U-20 itu tampil di Liga 1, mereka berlatih bersama Yusuf (Helal), Hanno (Behrens), (Ondrej) Kudela, (Michael) krmencik," kata Doll.

"Saat bermain mereka berkompetisi melawan Ilija Spasojevic, Ciro Alves, jadi ada sebuah kompetisi. Itu adalah level yang sangat bagus karena mereka akan tampil di hadapan 40 ribu penonton,"

"Ini kompetisi bukan latihan saja, karena TC itu kan cuma latihan, latihan, latihan, latihan tapi tak ada rasa kompetisinya. Februari mereka harus TC (Piala Asia) terus saat Piala Dunia U-20 harus TC lagi, jadi pulang balik, tapi mereka tak merasakan sama sekali sebuah kompetisi." Tegasnya.

Doll menambahkan, bukan ia tidak mendukung program Timnas Indonesia, bukan pula dirinya tidak mau melepas pemain ke skuad Garuda. Namun, Persiba saat ini juga sangat membutuhkan pemain pemain itu di tengah jadwal yang padat.

"Pasti kami akan kirim, tapi Karena TC ini di Jakarta saya mau minta kalau bisa dipinjam pemain kalau akan bermain di Jakarta. Saya menekankan ini nggak bagus buat perkembangan U-20 jadi saya akan bicara lagi dengan federasi agar dikasi keringanan," ia menegaskan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya