Bukan Kaleng-kaleng, Indra Sjafri Umbar Target Timnas U-22 di SEA Games 2023

Dirtek PSSI, Indra Sjafri hadir di peluncuran es krim pilihan Messi
Sumber :
  • VIVA/Robbi Yanto

VIVA Bola – Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri bicara target timnya di SEA Games 2023 Kamboja.

Alasan Haru Jay Idzes Rela Lepas Kesempatan Bermain dengan Timnas Belanda Demi Garuda

Indra ditunjuk untuk menangani skuad Garuda Muda di SEA Games lantaran pelatih Shin Tae-yong mempersiapkan Timnas U-20 yang berlaga di Piala Asia dan Piala Dunia U-20.

Indra kini sedang mencari pemain potensial untuk dimasukkan dalam skuad inti. Sebanyak 34 pemain dipanggil untuk menjalani TC tahap pertama.

Rencananya, menjelang SEA Games yang berlangsung pada Mei 2023, TC akan digelar hingga tiga tahap sampai mendapatkan pemain yang benar-benar berkualitas.

Tujuannya yang pasti adalah meraih hasil terbaik di ajang multievent Asia Tenggara tersebut. Indra menegaskan, timnya tak mau hanya menjadi parisipan, namun tujuannya tampil di SEA Games adalah meraih medali emas.

Media AS Sorot Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam: Patut Mendapat Pujian

"Iya dong, harus target. Target kan medali emas, kita bawa tim dan target harus dibawa. Masa [hanya] mau jadi partisipan," kata Indra.

"[Target emas] Itu harus diusahakan, ini yang sedang kita lakukan," sambungnya.

Indra membawa-bawa status juara Indonesia yang sudah lama tak didapatkan di cabor sepak bola. SEA Games 2023 menjadi momen yang tepat bagi pelatih asal Sumatera Barat itu.

"PSSI, pemerintah, itu support kita termasuk teman- teman media harus dukung," ujarnya.

Indra juga optimistis lantaran tim kepelatihan saat ini diisi oleh sosok yang berkompeten. Setidaknya ada empat legenda sepakbola Indonesia yang mendampingi Indra.

Mereka adalah, Bima Sakti, Kurniawa, Sahari Gultom dan Eko Purdjianto.

"Dengan kolaborasi yang bagus, mudah-mudahan hasilnya maksimal," ujar Indra.

SEA Games 2023 akan berlangsung di Kamboja pada 5-17 Mei 2023. Timnas U-22 Indonesia ditargetkan meraih medali emas pada ajang tersebut. Di SEA Games, skuad “Garuda” baru dua kali menjadi yang terbaik pada cabang olahraga sepak bola putra yakni tahun 1987 dan 1991.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya