Arema FC Mengaku Banyak Dirugikan Atas Mundurnya Jadwal Duel Lawan Persebaya

Arema FC vs Persebaya Liga 1 2022/2023
Sumber :
  • instagram.com/liga1match

VIVA Bola – Laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya yang sedianya akan digelar di Stadion Gelora Joko Samudro, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, pada Minggu, 5 Maret 2023 ditunda. PT LIB selaku penyelenggara Liga 1 mengeluarkan keputusan berdasarkan sejumlah pertimbangan, di antaranya, rekomendasi Polda Jatim agar digelar di luar Jawa Timur dan tanpa penonton. 

Drama 4 Gol Lawan Madura United, Dewa United Jaga Asa Tembus Championship Series

Pelatih Arema FC, I Putu Gede mengatakan ada keuntungan dan kerugian yang mereka alami dampak dari penundaan ini. Diantara kerugian itu adalah jadwal yang akan mereka hadapi mendatang justru akan lebih padat imbas penundaan ini. 

"Ada dua, yang kami tangkap. Bisa merugikan dan menguntungkan. Bagaimana merugikan, seperti yang saya bicarakan nanti akan menumpuk di akhir kompetisi jadwal yang mesti kita siapkan saat ini," kata I Putu Gede, Rabu, 8 Maret 2023. 

Hasil Liga 1: Bhayangkara FC Pesta Gol, Duel Dewa United vs Madura United Dihentikan

Kerugian kedua adalah, sebagai tim yang terhukum dengan larangan bermain di Malang. Arema FC saat ini berhombase di Jakarta. Dia khawatir pemain jenuh di Jakarta karena tidak ada pertandingan. Selain itu, biaya yang harus dikeluarkan manajemen akan membengkak.

Ini Hal Paling Diwaspadai Arema FC dari PSM Makassar

"Kondisi tim ini sudah lama di Jakarta, kalau lama di sini bagaimana situasinya. Kaau mereka tidak ada kegiatan dan tidak ada pertandingan. Ini satu kendala kita juga. Ketiga beban juga untuk manajemen. Jadi semakin mundur aktivitasnya, semakin membengkak biaya," ujar I Putu Gede.

I Putu Gede juga mengatakan, bahwa konsentrasi pemain sudah 100 persen untuk melawan Persebaya. Penundaan ini berdampak pada semangat para pemain yang telah fokus menghadapi laga Derby Jawa Timur. 

"Kemudian ada pemain yang akumulasi, yang sebelumnya tidak bisa terlibat dalam Persebaya akhirnya ditunda. Itu faktor yang merugikan kita. Para pemain juga sudah bersiap, jangan-jangan mereka lebih konsentrasi lawan Persebaya daripada lawan Persik. Jadi, ada penundaan, jadi menunda lagi fokusnya motivasinya dengan Persebaya," tutur I Putu Gede. 

Dampak dari penundaan ini pun Arema FC merasa lebih banyak dirugikan ketimbang diuntungkan. Bagi I Putu Gede keuntungannya hanyalah soal waktu. Selebihnya, dia merasa dirugikan karena pemain sudah berkonsentrasi melawan Persebaya. 

"Keuntungannya, ada waktu yang saya biat program. Ada waktu untuk memasukkan taktikal lagi, pembenahan yang kurang. Jadi walaupun waktunya banyak, sedikit menambah. Dengan ada waktu jeda, hampir 9 hari. Saya pikir itu untung ruginya," kata I Putu Gede. 

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya