Tersingkir dari Piala Asia, Timnas Indonesia U-20 Bakal TC di Korea Selatan

Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023 Uzbekistan
Sumber :
  • Twitter | PSSI

VIVA Bola - Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan, Timnas Indonesia U-20 akan menjalani pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan setelah tersingkir dari Piala Asia U-20 2023.

BABYMONSTER Bakal Gelar Fan Meeting di Asia, Bulan Juni di Jakarta

Kepada pewarta di Jakarta, Rabu 8 Maret 2023, Indra menyebut bahwa TC tersebut menjadi bagian dari persiapan untuk berkompetisi di Piala Dunia U-20 2023.

"Awalnya pelatih Shin Tae-yong meminta TC di Belanda. Namun, diubah ke Korea Selatan. Alasan spesifiknya saya tidak tahu, tetapi situasi Korea Selatan memang bagus untuk meningkatkan kondisi fisik. Para pemain juga sudah terbiasa berlatih di sana," ujar pria asal Sumatera Barat itu.

Gawat, Gaya Main Timnas Indonesia Sudah Dibaca Pelatih Australia

Indra pun menyampaikan bahwa dirinya masih harus membicarakan lebih lanjut soal TC di Korea Selatan itu dengan Shin Tae-yong.

Dia merasa perlu memastikan apakah Timnas Indonesia U-20 langsung berangkat ke Korea Selatan untuk TC setelah bertarung di Uzbekistan, tempat pelaksanaan Piala Asia U-20 2023.

Presiden Korsel Beri Selamat ke Prabowo Subianto Menang Pilpres 2024: Semoga RI Lebih Makmur

Akan tetapi, Indra memprediksi skuad Timnas Indonesia U-20 dan Shin Tae-yong akan terlebih dahulu kembali ke Indonesia.

Latihan Timnas Indonesia U-20

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp

Hal itu karena Shin Tae-yong harus menyiapkan timnas senior Indonesia untuk menghadapi pertandingan persahabatan internasional FIFA yang dilaksanakan di rentang tanggal 20-28 Maret 2023.

"Nanti malam saya akan rapat dengan 'coach' Shin. Saya akan memastikan apakah mereka langsung TC lagi atau tidak. Kan, ada 'FIFA match day', jadi 'coach' Shin mempersiapkan itu," tutur Indra.

Timnas Indonesia U-20 gagal lolos dari fase grup, tepatnya Grup A, Piala Asia U-20 2023 setelah kalah selisih gol (-1) dari peringkat kedua Irak (+1) walau sama-sama berpoin empat dari tiga laga.

Irak pun lolos ke perempat final Piala Asia U-20 2023 bersama pemuncak klasemen Grup A Uzbekistan yang berpoin tujuh dari tiga pertandingan.

Meski tidak dapat melaju lebih jauh, Indonesia tetap memastikan satu tempat di Piala Dunia U-20 2023 karena berstatus tuan rumah.

Piala Asia U-20 2023 merupakan kompetisi kualifikasi menuju Piala Dunia U-20 2023, di mana empat tim yang mengunci tempat di semifinal berhak mendapatkan satu slot di turnamen bergengsi itu.

Pemain Timnas Indonesia U-20 rayakan gol

Photo :
  • Instagram PSSI

Piala Dunia U-20 2023 akan dilaksanakan di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Sampai saat ini, sudah ada 20 negara, dari total 24, yang dipastikan tampil di Piala Dunia U-20 2023 yaitu Indonesia, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Fiji, Brazil, Uruguay, Kolombia, Ekuador, Selandia Baru, Inggris, Prancis, Israel, Italia, Slovakia, Gambia, Nigeria, Senegal dan Tunisia. (Ant)

Selebrasi Timnas Indonesia U-20

Photo :
  • ANTARA FOTO/Moch Asim/aww.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya