Lawan Arema FC, Ribuan Suporter Persis Solo Berangkat ke Sleman dengan Pengawalan Polisi

Kapolresta Solo memberangkatkan suporter Persis Solo
Sumber :
  • ANTARA/Bambang Dwi Marwoto

VIVA Bola – Ribuan suporter klub Persis Solo berangkat ke Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Rabu siang 15 Maret 2023, dengan mendapat pengawalan ketat dari polisi.

Keluar dari Zona Degradasi, Arema FC Fokus Tatap 2 Laga Sisa

Kapolresta Surakarta Kombes Pol. Iwan Saktiadi memberangkatkan secara langsung ribuan suporter itu di depan Plaza Manahan Surakarta, Rabu, sekitar pukul 11.00 WIB. Para suporter itu akan mendukung tim Persis Solo melawan tim Arema FC dalam Kompetisi Liga 1 2023 di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Dengan mengendarai sepeda motor dan mobil pribadi, para pendukung Persis Solo mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian secara estafet, mulai dari Polresta Surakarta, Polres Sukoharjo, Polres Klaten, dan Polres Sleman.

Terpopuler: Sindiran Suporter Bali United, Media Asing Puji Indonesia

Persis vs Persija

Photo :
  • ligaindonesiabaru.com

Iwan Saktiadi mengimbau para pendukung Persis Solo untuk tertib dalam berkendara, antara lain mengenakan helm dan tertib menaati peraturan lalu lintas, serta menunjukkan mendukung tim sepak bola kesayangan mereka dengan cara-cara yang baik.

Persib Bandung Bertekad Sapu Bersih 2 Laga Sisa

"Bahwa pendukung Persis Solo ingin menjadi suporter yang bisa dicontoh lainnya. Artinya, bisa ditularkan ke daerah yang lain, yang dikemas dengan baik," kata Iwan.

Dia juga meminta para pendukung Persis Solo untuk tidak terlibat bentrok antarpendukung.

"Jadi, jangan ada lagi kejadian bentrok antara suporter karena industri olahraga sepak bola seharusnya hal yang menyenangkan untuk ditonton dan didukung. Kalau menang (atau) kalah tim, (itu) urusan belakang. Namanya pertandingan, pasti ada yang menang dan kalah, tetapi suportivitas diutamakan," jelasnya.

Sekitar 2.000 pendukung Persis Solo diberangkatkan dari Manahan, Surakarta, menuju Stadion Maguwoharjo Sleman, Yogyakarta.

Polisi mengawal perjalanan para suporter itu dari Surakarta, untuk kemudian berkoordinasi dengan Polres Sukoharjo, Polres Klaten, dan Polres Sleman yang disambut di perbatasan Prambanan menuju ke Stadion Maguwoharjo Sleman.

Iwan berharap para pendukung Persis Solo bisa menjaga ketertiban dan mendukung tim dengan cara-cara yang baik.

"Salah satu hal yang penting bahwa Solo menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 dan suporter bisa menunjukkan juga berkelas dunia," katanya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal DPP Pasoepati Isnaini Muhammad Fatah Romadlon menjelaskan berdasarkan hasil koordinasi sementara, empat elemen pendukung Persis Solo akan berangkat bersama dari Plaza Manahan Surakarta.

"Suporter Persis Solo baru pertama kali bisa mendukung dengan menonton langsung tim kesayangannya berlaga dalam putaran kedua Liga 1 tahun ini," ujar Isnaini. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya