Kata Gibran Soal Stadion Manahan Solo Bakal Dipasang VAR untuk Piala Dunia U-20

Ketum PSSI Erick Thohir dan Gibran di Stadion Manahan, Solo
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA Bola – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyambut baik terkait wacana pemasangan perangkat video assistant referee (VAR) di enam stadion yang menjadi venue Piala Dunia U-20 2023. Stadion Manahan, Solo merupakan salah satu stadion yang menjadi venue untuk menggelar partai final Piala Dunia U-20.

Erick Thohir Beri Kabar Baik soal Nathan Tjoe-a-On, Bisa Bela Timnas Indonesia Vs Korea Selatan

Kepastian untuk pemasangan perangkat VAR telah disampaikan Ketua Umum PSSI Erick Thohir beberapa waktu lalu saat meninjau sejumlah venue Piala Dunia U-20. Perangkat tersebut akan dipasang di enam stadion di Tanah Air yang menjadi venue laga Piala Dunia U-20.

Adanya rencana pemasangan perangkat VAR di Stadion Manahan, Gibran pun mengaku senang karena sebagai tuan rumah akan mendapatkan manfaat dari digelarnya pertandingan Piala Dunia di Solo. Begitu pula saat Solo menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 juga mendapatkan pengalaman yang sangat bermanfaat terkait penyelenggaraan even skala internasional.

PSSI Tempuh Jalur Tak Normal Supaya Nathan Tjoe-A-On Bela Timnas U-23 Indonesia di Perempat Final

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Photo :
  • VIVA | Fajar Sodiq

“Ya memang harapannya seperti itu. Enaknya menjadi tuan rumah itu kita jadi belajar. Misalnya seperti ASEAN Para Games lalu, kita belajar standarnya mengadakan even internasional. Standar alat-alatnya dan kini alat-alatnya (ASEAN Para Games) sedang proses hibah,” kata dia di Solo, Kamis, 16 Maret 2023.

Jawaban PSSI soal Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23 di 8 Besar Piala Asia

Selain bakal memiliki perangkat dengan teknologi tinggi di Stadion Manahan, menurut Gibran, dipilihnya Solo menjadi venue juga memberikan keuntungan untuk mempromosikan Solo.

“Ya keuntungannya itu (bisa mendapatkan peralatan). Tak hanya bisa promosikan Solo tapi juga transfer of knowledge. Jadi tahu cara menghandle even dan tahu alat-alatnya seperti apa,” ujar dia.

Sebelumnya Erick Thohir mengatakan rencana pemasangan VAR oleh FIFA untuk Piala Dunia U-20 akanmenjadi peluang Indonesia melengkapi fasilitas beberapa stadion utamanya. “FIFA akan memasang VAR di enam stadion,” kata Erick saat meninjau venue Piala Dunia di Stadion I Wayan Dipta Bali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya