Indra Sjafri Daftar 50 Nama Pemain Timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games

Dirtek PSSI, Indra Sjafri
Sumber :
  • VIVA/Robbi Yanto

VIVA Bola – Timnas Indonesia U-22 menyelesaikan pemusatan latihan (TC) tahap kedua pada Kamis16 Maret 2023 di Lapangan A Senayan, Jakarta. Pada hari terakhir latihan, pelatih Indra Sjafri memberikan materi internal game.

Drama 4 Gol Lawan Madura United, Dewa United Jaga Asa Tembus Championship Series

David Maulana dan kawan-kawan tampak antusias dan bersemangat melahap semua menu latihan. Tim U-22 Indonesia diproyeksikan mengikuti SEA Games 2023 mendatang di Kamboja.

Indra Sjafri mengatakan bahwa para pemain  mengalami perkembangan yang bagus. Apalagi selain memberikan materi teknik, dia juga memberikan tes fisik, psikotes dan IQ.

Hasil Liga 1: Bhayangkara FC Pesta Gol, Duel Dewa United vs Madura United Dihentikan

"Dari hasil tes fisik lebih baik gelombang kedua, sedangkan hasil psikotes lebih baik gelombang pertama, IQ-nya juga standarnya lebih bagus. Pengamatan teknis dari internal game sama. Tiga kali dari gelombang satu, tiga kali juga gelombang kedua, ya hampir sama kualitas mereka,” kata Indra Sjafri.

Dihadirkannya psikotes dan tes IQ, menurut Indra, dapat memberikan gambaran mengenai performa calon pemain tim U-22 ketika sudah mulai latihan dan turnamen. Hal tersebut juga bisa menjadi ukuran potensial kecerdasan seorang pesepakbola.

Ini Hal Paling Diwaspadai Arema FC dari PSM Makassar

"Psikotes bahkan dapat menggambarkan bagaimana seseorang menghadapi kondisi yang penuh tekanan dan tetap bisa bekerja dengan baik dalam kondisi tersebut," jelasnya.

Pada hari ini, Indra Sjafri juga menyerahkan daftar 50 pemain skuad tim U-22 Indonesia proyeksi SEA Games 2023 ke NOC Indonesia.

“Hari ini kami juga mendaftarkan pemain sebanyak 50 nama ke NOC. Setelah ini kami akan meeting, diskusi dengan para pelatih. 21 pemain dari pemain-pemain Liga 1, dan 29 pemain teman-teman yang ada dari Liga 2," tambahnya.

SEA Games 2023 akan digelar di Kamboja pada 5-17 Mei 2023. Namun untuk cabang olahraga sepakbola bakal dimulai lebih dulu pada 29 April 2023.

Selanjutnya, pemusatan latihan tim U-22 Indonesia akan dimulai 1 April mendatang. Program uji coba pun sudah disiapkan di pemusatan latihan tersebut.

"Kami berencana akan mulai uji coba dari 11-16 April. Kami bikin simulasi tiga sampai empat kali uji coba," kata Indra.

"Main istirahat main istirahat main istirahat main. Mungkin dengan tim-tim Liga 1. Tidak tertutup kemungkinan nanti kalau memang ada tim-tim Piala Dunia U-20 yang sudah masuk ke Indonesia," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya