Timnas Israel Bakal Cetak 2 Sejarah di Piala Dunia U-20 Indonesia

Timnas Israel di EURO U-19 2022 melawan Inggris
Sumber :
  • football.org.il

VIVA Bola – Keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U 20 yang berlangsung di Indonesia pada 20 Mei -11 Juni 2023 menimbulkan polemik.  Pasalnya, Indonesia dan Israel tidak memiliki hubungan diplomatik. Selain itu, Israel merupakan isu sensitif karena mayoritas warga muslim Indonesia dan dunia mendukung perjuangan bangsa Palestina untuk merdeka.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan, Indonesia sebagai tuan rumah memiliki kontrak dengan FIFA untuk menjamin keamanan bagi setiap peserta. 

"Banyak isu-isu lain [yang dibahas dengan FIFA] seperti logistik, keamanan, operasional lain yang butuh perbaikan. Tentu ini butuh dukungan penuh, nah khususnya mengenai tim-tim yang akan bermain. Saya rasa konteksnya kita tidak bisa melihat masing-masing negara," ujar Erick. 

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

"Bahwa sesuai kontrak tuan rumah, negara menjamin kedatangan siapapun yang bermain di sini, apakah itu Olimpiade, kejuaraan dunia bola basket. Kalau kita tidak bisa mengambil posisi, menjamin, mengamankan, ya mungkin Indonesia jangan lagi bidding event-event internasional," sambung Erick Thohir.

Di luar kontroversi tersebut, ternyata Israel bakal menciptakan dua sejarah di Piala Dunia U-20 Indonesia. Apa saja itu?

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

1. Tim Debutan
Israel bakal mencatat debut di Piala Dunia U-20 di Indonesia. Selain Israel tim lain yang mencatatkan debutnya di Indonesia adalah Republik Dominika.

Israel sempat memiliki prestasi apik saat masih tergabung di Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). Mereka enam kali menjuarai Piala Asia U-19.

Itu merupakan catatan terbaik ketiga di Piala Asia U-19/U-20. Israel hanya kalah dari Korea Selatan (12 kali juara) dan Myanmar (7 kali). Saat tergabung di Konfederasi Sepakbola Oseania (OFC) prestasi terbaik Israel hanya dua kali menjadi runner up di Piala OFC U-20. 

Timnas Israel lolos ke Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Photo :
  • instagram.com/israel_football_association

Israel seakan tenggelam saat pindah ke Eropa atau UEFA. Mereka cuma tiga kali lolos ke putaran final Piala Eropa U-19.

Di Piala Eropa U-19 2022, Israel menciptakan kejutan. Mereka menjadi runner up usai kalah 1-3 dari Inggris di final. Israel juga untuk kali pertama lolos ke Piala Dunia U-20.


2. Pertama Sebagai Wakil Eropa
Catatan sejarah lainnya adalah Israel bakal pertama kalinya tampil sebagai wakil Eropa di turnamen yang diselenggarakan FIFA. Sebelumnya, Timnas Israel (senior) pernah tampil di Piala Dunia 1970 yang digelar di Meksiko.

Namun, saat itu Israel lolos ke Piala Dunia sebagai wakil Asia. Piala Dunia U-20 Indonesia bakal menjadi pertama kalinya Israel menjadi wakil Eropa di turnamen FIFA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya