Setujui Naturalisasi 3 Calon Pemain Timnas U-20, DPR Wanti-wanti PSSI

Waketum PSSI, Zainudin Amali, Ratu Tisha dan Plt Menpora, Muhadjir Effendy
Sumber :
  • PSSI

VIVA Bola – Komisi X DPRI RI menyetujui rekomendasi naturalisasi kepada 3 pemain asing guna mempersiapkan Tim Nasional (Timnas) untuk Piala Dunia U-20 dan seorang pemain asing untuk pemain basket. 

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Korea Selatan vs Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Namun, diwanti-wanti bahwa opsi naturalisasi tidak boleh menjadi solusi permanen untuk menyelesaikan sejumlah permasalahan olahraga di Indonesia.

Demikian pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda usai Rapat Kerja Komisi X DPR RI dengan Plt. Menteri Pemuda dan Olahraga Muhadjir Effendy di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Senin, 20 Maret 2023. 

Ini Pemain Korea Selatan yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Oleh karena itu, kata dia, peta jalan rencana (roadmap) jangka pendek, menengah, dan panjang sangat krusial demi menggali sekaligus merawat keberlangsungan potensi generasi muda di bidang olahraga.

Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda

Photo :
  • DPR RI
Kata Shin Tae-yong Usai Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

“Naturalisasi itu seharusnya menjadi pilihan terakhir. Karena, kita akan menghilangkan hak anak muda Indonesia yang ingin berprestasi terbaik melalui timnas dari semua cabang olahraga. Kami (Komisi X) berada posisi ujung, kami berharap baik Kemenpora, PSSI, PP Perbasi menyerahkan roadmap sehingga kami mengawal reformasi olahraga Indonesia,” kata Syaiful Huda.

Lebih lanjut, ke depannya, menyatakan setiap keputusan naturalisasi yang telah disetujui akan dievaluasi. Mengingat, naturalisasi hanya berupa langkah cepat untuk menyelesaikan permasalahan teknis timnas saja.

“Karena ini keputusan ini diambil dengan kondisi yang tidak ideal maka direkomendasikan dengan naturalisasi. Kami berharap ini menjadi keputusan dimanfaatkan dengan sebaiknya untuk Piala Dunia U-20 dan olahraga basket. Untuk percepatan reformasi (olahraga) dalam berbagai hal, harus dibuat roadmap yang jelas dan bermanfaat,” kata Politikus PKB tersebut. 

Menanggapi itu, Plt. Menteri Pemuda dan Olahraga Muhadjir Effendy menekankan bahwa reformasi olahraga Indonesia tidak bisa hanya mengandalkan kementeriannya saja. 

Ia menilai perlu adanya kolaborasi dengan instansi lainnya agar reformasi olahraga bisa terlaksana secara keberlanjutan, salah satunya dengan menekan angka stunting di Indonesia.

“Perlu ada langkah komprehensif yang diambil. Supaya reformasi olahraga ini berjalan, perlu kita selesai masalah mendasar seperti stunting. Kalau kita bicara stunting, berarti harus bicara tentang menyiapkan lingkungan, logistik, dan kebijakan bagi anak-anak agar tumbuh dan berkembang dengan baik,” kata Muhadjir.

Indonesia saat ini sedang menyiapkan diri untuk menghadapi pertandingan Piala Dunia U-20 Tahun 2023 mendatang. Di satu sisi, olahraga Indonesia sedang mengalami masa pemulihan akibat COVID-19 dan Tragedi Kanjuruhan,

Kemenpora bersama dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Persatuan Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) menyampaikan rekomendasi untuk melakukan naturalisasi terhadap sejumlah pemain asing.

Plt Menpora, Muhadjir Effendy

Photo :
  • PSSI

Rekomendasi perlu diambil sebab untuk menutupi kekurangan pemain sekaligus memperkuat timnas yang akan bertanding. Sehingga, Indonesia bisa memiliki tim olahraga yang tangguh dan solid. 

Para pemain asing yang masuk dalam daftar rekomendasi naturalisasi di antaranya Ivar Jenner (Pemain Sepakbola asal Belanda), Rafael William Struick (Pemain Sepakbola asal Belanda), Justin Quincy Hubner (Pemain Sepakbola asal Belanda), dan Jerome Anthony Beane Jr (Pemain Basket asal Amerika Serikat). Mereka telah disetujui parlemen dan akan disahkan dalam paripurna, Selasa, 21 Maret 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya