Liga 1 Tetap Jalan saat FIFA Matchday, Shin Tae-yong: Klub Wajib Lepas Pemain

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • Media PSSI

VIVA Bola – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong buka suara terkait pertandingan Liga 1 yang tetap berjalan saat Timnas Indonesia melakoni uji coba FIFA Matchday bulan Maret ini.

Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 

Tetap berjalannya kompetisi saat FIFA Matchday berimbas pada keputusan tidam bisa melepas sejumlah pemainnya sesuai jadwal ke Timnas Indonesia pada 20 Maret 2023 karena tenaganya masih dibutuhkan. 

Seperti, Persib Bandung yang baru mengirim tiga penggawanya yakni Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Rachmat Irianto sehari setelah laga kontra Dewa United.

Pesan Widodo Untuk Pemain Arema FC Usai Kalah Dari Rival 

Shin Tae-yong memahami bahwa pelatih klub membutuhkan para pemainnya untuk kompetisi. Namun, sia juga meminta pengertian bahwa pada periode FIFA Matchday klub wajib melepas pemainnya.

"Memang ini periode FIFA Matchday yang wajib datang jika dipanggil. Tapi dengan adanya Tragedi Kanjuruhan, jadwal jadi sedikit berantakan. Jadi ada pertandingan liga di FIFA Matchday," ujar Shin Tae-yong.

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

"Saya mengerti pihak klub seperti apa, tapi ini sebetulnya jadi kewajiban untuk dilepas pemainnya. Jadi saya benar-benar minta tolong semua klub harus lepas pemain di periode FIFA Matchday," katanya menambahkan.

Shin Tae-yong pun berharap secepatnya persoalan jadwal ini bisa diperbaiki. Ia tak mau lagi ada pihak yang dirugikan.

"Jadi saya sangat mengerti posisi pelatih mereka seperti apa. Namun, saya menekankan untuk perbaikan masalah jadwal liga yang dibuat seperti ini," tutur pelatih berusia 52 tahun ini.

"Selayaknya pelatih pasti tidak mau melepas pemain karena mereka bertanggung jawab atas prestasi klub tersebut. Jadi ketika saya sudah dibawa ke Indonesia, Indonesia harus bertanggung jawab akan masalah ini," imbuh Shin Tae-yong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya