Ramadhan Bukan Hukuman, Burundi tetap Puasa Jelang Lawan Timnas Indonesia

Timnas Burundi tiba di Jakarta
Sumber :
  • PSSI

VIVA Bola – Pelatih Timnas Burundi, Etienne Ndayiragije, mempersilahkan pemainnya untuk menjalankan ibadah puasa ramdhan jelang FIFA Matchday kontra Timnas Indonesia 25 dan 28 Maret 2023.

Pengakuan Jujur Pelatih Korea Selatan U-23 Jelang Hadapi Timnas Indonesia U-23

Ndayiragije mengatakan dalam skuadnya ada pemain-pemain yang menjalankan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadan. Namun, hal itu tidak menjadi kendala dan latihan tidak akan terganggu serra berjalan seperti biasa. 

"Ya, saya rasa perbandingan 50:50 Muslim (pemain Timnas Burundi). Kami sudah terbiasa dengan ini," ujar Ndayiragije seusai memimpin latihan di Jakarta International Stadium (JIS).

Intip Peluang Timnas Indonesia U-23 Berlaga di Olimpiade Paris 2024

Lebih lanjut, Ndayiragije juga mengaku tidak memberikan anjuran pemain untuk meninggalkan puasa. Pasalnya, berpuasa adalah sebuah ibadah yang pastinya akan dijalani para pemain yang beragama Islam.

"Ramadan bukan suatu hukuman. Itu kepercayaan dari hati yang diberikan oleh Tuhan. Jadi, kami tidak bisa komplain atas hal itu. (Pemain) masih akan puasa," kata Ndayiragije.

Sikap Aneh Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Hadapi Korea Selatan di Piala Asia

Sementara itu, hal berbeda dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Sebelumnya, dia meminta agar pemainnya tidak berpuasa supaya dalam kondisi yang prima saat bertanding.

Akan tetapi, Shin Tae-yong juga tidak mau gegabah untuk menerapkan hal itu kepada para pemainnya. Shin sadar harus berkomunikasi dengan sejumlah pemuka agama.

"Puasa, memang agak sulit buat saya, karena para pemain harusnya bisa makan di jam-jam tepat waktu. Kalau tanpa makan, tapi harus lari dan tanding, itu agak sulit buat pemain," ujar Shin Tae Yong.

"Jadi saya harus koordinasi dulu dengan pemimpin agama dan pemain, biar bisa fokus saat pertandingan dan sehari sebelumnya fokus ke laga," ujar Shin Tae Yong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya