FIFA Tinjau Stadion GBLA, Cek Kesiapan Piala Dunia U-20

FIFA tinjau Stadion GBLA
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA Bola – Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan proses perbaikan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) sudah memasuki tahap akhir dan siap menjadi salah satu venue tempat latihan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023.

Siap-Siap, Timnas Rusia Bakal Lawan Tim ASEAN di FIFA Matchday September 2024

Hal tersebut diungkapkan Yana saat mendampingi perwakilan FIFA meninjau Stadion GBLA, Jumat 24 Maret 2023. "Perbaikan terus kita lakukan maksimal termasuk bantuan dari PUPR. Kita sebagai tempat latihan," katanya.

Konferensi pers terkait peninjauan Stadion GBLA

Photo :
  • VIVA/Adi Suparman
Timnas Indonesia Diuntungkan Lawan Arab Saudi di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Dalam peninjauan FIFA itu, Yana berharap Stadion GBLA lolos dalam standar FIFA dan menjadi salah satu stadion tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023. "Perbaikan dari kementerian sudah hampir selesai ya, semoga sesuai standar (FIFA). Tapi tadi cukup sebentar ya, semoga hasilnya baik," terangnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendukung penuh digelarnya Piala Dunia U-20. Selama persiapan penyelenggaraan Pemkot Bandung tidak mengizinkan Stadion GBLA digunakan di luar keperluan persiapan gelaran U-20.

Bikin Sejarah di Piala Eropa, Lamine Yamal Juga Lewati Rekor Mengerikan Pele

"Dengan ditunjuknya GBLA dan Sidolig sebagai tempat latihan kita dukung terus, termasuk beberapa kegiatan yang dilakukan di sini. Kita tidak mengizinkan karena rawan kerusakan," ucapnya.

Terkait akses, Yana memastikan KM 151 dan 149 sudah dapat digunakan. Hal ini tentu dapat mempermudah akses masuk ke stadion GBLA . "Akses aman, kemungkinan aksesnya lewat KM 151, itu kalau lewat sana keluarnya pas ke gerbang merah," ujarnya.

"Kalau 149 pun enak lewat Sumarecon, untuk akses tidak sulit. Tadi koordinasi antara jasa marga dan PSSI bisa digunakan," kata dia menambahkan.

Indonesia secara resmi ditunjuk oleh FIFA sebagai tuan rumah penyelenggara gelaran akbar U-20 World Cup 2023, pada 2021. Rangkaian pertandingan Piala Dunia U-20 2023 akan berlangsung pada 20 Mei - 11 Juni 2023 mendatang di enam kota di Indonesia.

Stadion GBLA dan Sidolig menjadi salah satu tempat latihan untuk tim yang berkompetisi pada kejuaraan tersebut. Selain Bandung, lima kota lainnya yang adalah Jakarta, Palembang, Solo, Surabaya, dan Gianyar Bali. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya