Respons FIFA soal Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Logo di kantor FIFA
Sumber :

VIVA Bola – Rumor Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 semakin kencang berhembus. Itu lantaran FIFA baru saja membatalkan drawing yang semula berlangsung pada 31 Maret 2023 di Bali.

Resmi, PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong Hingga 2027

Penyebabnya, terdapat penolakan dari sejumlah pemimpin daerah dan elemen terhadap kedatangan Timnas Israel. Alias, Indonesia belum mampu menjamin keselamatan untuk seluruh peserta.

Sementara PSSI menyadari dari pembatalan drawing itu ada 'potensi' terkena sanksi berat andai Indonesia akhirnya batal menyelenggarakan Piala Dunia U-20 2023.

Erick Thohir Beri Kabar Baik soal Nathan Tjoe-a-On, Bisa Bela Timnas Indonesia Vs Korea Selatan

Bahkan, kini beberapa negara lain dikabarkan siap negara lain siap menggantikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Salah satunya Argentina, yang sudah menghembuskan wacana siap menggelar Piala Dunia U-20 2023.

Menurut media Argentina, Doble Amarilla, FIFA sendiri sudah angkat suara soal status tuan rumah Indonesia. Induk federasi sepakbola dunia itu mengaku sedang mengevaluasinya.

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

"Semuanya sedang dievaluasi dan ini akan menjadi jam-jam krusial," kata sumber FIFA menurut Doble Amarilla.

PSSI sendiri masih bersikeras mencari cara untuk mempertahankan status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Lobi-lobi dan cara diplomatis akan ditempuh agar perhelatan bisa tetap digelar bulan Mei mendatang.

Dalam laporan yang sama, AFA (Federasi Sepak Bola Argentina) akan mengajukan permintaan resmi untuk menjadi tuan rumah. Penawaran itu akan dilakukan jika Indonesia mengundurkan diri atau FIFA memutuskan untuk mencari tuan rumah pengganti.

"Beberapa jam ke depan akan menjadi kunci untuk melihat apakah terjadi kesepakatan diplomatik atau memang mulai dipertimbangkan perubahan lokasi penyelenggara," tulis Double Amarilla.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya