Sikap Ganjar Tolak Israel Tampil di Piala Dunia U-20 Dinilai Blunder untuk Diri Sendiri

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Bola – Baru-baru ini, ramai terkait Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menolak Timnas Israel tampil di Piala Dunia U-20 yang rencananya diselenggarakan di Indonesia.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Menurut Ganjar, penolakan tersebut lantaran sebagai wujud komitmen bersama mendukung kemerdekaan negara Palestina sesuai amanat Presiden Pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno. 

Sikap Ganjar jadi sorotan. Pengamat politik Ujang Komarudin berpendapat dan melihat pernyataan Ganjar sebagai pernyataan yang blunder. Alih-alih ingin menaikkan elektoral dirinya namun justru mendapatkan kecaman dari komentar pedas netizen.

Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengimbau warga agar tak lagi membunyikan mercon.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

“Nah, sekarang Ganjar menolak gitu ya, maksudnya ingin dapat efek elektoral dari penolakan itu tapi fakta dan kenyataannya banyak komentar negatif terhadap Ganjar. Semestinya, posisi dia seperti Gubernur yang lain taat pada pemerintah pusat. Tapi, penolakan Ganjar bertentangan dengan Jokowi.” ujar Ujang lewat keterangan tertulisnya.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Seperti diketahui, tidak hanya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menolak penyelenggaraan Piala Dunia U-20 melainkan juga ada Gubernur Bali I Wayan Koster yang turut menyatakan pernyataan serupa.

Ganjar meminta kepada panitia bersama dengan pihak terkait untuk mengupayakan langkah terobosan agar penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tetap berjalan tanpa kehadiran timnas Israel di Indonesia.

Penolakan tersebut justru akan berdampak besar bagi perhelatan Piala Dunia U-20. Salah satunya yakni pembatalan drawing peserta Piala Dunia oleh FIFA.

“Ya itulah resiko ketika Ganjar sebagai Kepala Daerah semestinya mendukung pemerintah pusat tapi malah menolak gitu semua ada plus minusnya lah, negatif buruknya, tapi apa yang disampaikan Ganjar blunder kepada dirinya, bukannya dapat elektoral malah dapat tantangan dari masyarakat juga.” ungkap Ujang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya