Jakarta International Stadium Berbenah Demi Jadi Markas Persija

Stadion Jakarta International Stadium
Sumber :
  • instagram

VIVA Bola - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui PT Jakarta Propertindo (Jakpro) berkomitmen memperbaiki fasilitas dan infrastruktur Jakarta International Stadium (JIS), di Jakarta Utara. 

Hal itu diungkap langsung Direktur Utama (Dirut) PT Jakpro, Iwan Takwin atas desakan dari The Jakmania yang meminta JIS untuk dibenahi segera. Sehingga, JIS nantinya bisa digunakan sebagai kandang Persija Jakarta. 

"Kami dari Jakpro memang saat ini terus mengembangkan kelengkapan di JIS," kata Iwan kepada wartawan, Jumat, 31 Maret 2023.

Timnas Prancis Vs Belanda, Kylian Mbappe Duduk di Bangku Cadangan

Kata Iwan, pembenahan JIS akan dimulai dari sisi ramp timur yang dikeluhkan Jakmania. Selain itu, kata dia Jakpro juga bekerja sama dengan KAI untuk membangun stasiun KRL dari sisi danau dekat JIS.

"Termasuk tadi yang disampaikan Mas Diky (Ketua Umum The Jakmania) soal ramp timur, saat ini kami dibantu Dinas Bina Marga untuk membangun jalan dari sisi danau, tempat masuk dari sisi timur. Tahun ini dari KAI juga targetnya mulai membangun stasiun KRL dari sisi danau," sambungnya.

Bruno Mars Gelar Konser di Jakarta, Netizen Keluhkan Pemilihan Lokasi Avenue di JIS

Iwan juga menyebut pihaknya akan mengajak Jakmania untuk melihat langsung kondisi JIS saat ini. Jakmania akan mencatat fasilitas dan infrastruktur apa yang harus dibenahi di JIS.

Jakarta International Stadium (JIS).

Photo :
  • VIVA.co.id/ Riyan Rizki Roshali

"Kami akan mengajak Jakmania ke sana (ke JIS). Kami akan mempelajari juga kebutuhannya apa dan kita sama-sama membangun fasilitas apa yang kami butuhkan di JIS ini. Nanti kami libatkan PIC dari Jakmania yang ditempatkan di sana," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum The Jakmania, Diky Soemarno mendesak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melalui BUMD PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk segera membenahi infrastruktur Jakarta International Stadium (JIS).

Desakan itu kata Diky dilontarkan lantaran JIS digadang-gadang sebagai markas Persija Jakarta untuk berlaga dalam pertandingan sepakbola. Namun, JIS nyatanya belum dijadikan sebagai kandang Persija dalam pertandingan Liga 1 2022-2023. 

Diky berharap, desakan itu didengar agar pada Liga 1 musim depan, stadion berstandar internasional yang terletak di Jakarta Utara itu dapat menjadi tempat pertandingan dimana Persija Jakarta merupakan tuan rumah. 

"Sebenarnya kita ada JIS, cuma memang JIS kan belum siap 100 persen. Ada sekian persen risiko-risiko itu. Nah ini yang sedang kita coba dorong ke Jakpro, untuk segera dikejar, dilengkapi semua yang kurang (fasilitasnya) biar bisa dipakai," kata Diky kepada wartawan, Kamis, 30 Maret 2023.

"Kami harap agar stadion JIS segera dilengkapi infrastrukturnya, dilengkapi kekurangannya sebelum musim depan agar pertandingan berjalan aman, nyaman," sambungnya.

Jakarta International Stadium

Photo :
  • JIS

Menurut Diky, Jakpro harus melihat hal-hal yang terjadi selama konser Dewa 19 di JIS sebagai salah satu pertimbangan sebelum membenahi stadion itu. Terutama, dalam membenahi crowd management dan crowd flow di JIS.

"Kalau konser Dewa hitungannya penontonnya kelas atas ya. Penonton bola kan berbagai kelas ada di situ, pasti dengan culture yang beda juga, dengan kebiasaan beda juga. Ini yang kami pikirkan dan cari solusinya. Makanya kami harap kalau semua disiapkan," pungkasnya.

Shalat Idul Adha di Jakarta International Stadium

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya