Jokowi Bakal Undang Timnas Indonesia U-20 ke Istana

Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023 Uzbekistan
Sumber :
  • Twitter | PSSI

VIVA Bola - Timnas Indonesia U-20 akan diundang Presiden RI Joko Widodo ke Istana Kepresidenan setelah batal tampil di Piala Dunia U-20 2023 lantaran FIFA mencoret Indonesia sebagai tuan rumah.

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

Rencana Presiden mengundang Hokky Caraka Cs itu diungkapkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir selepas menghadap Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat kemarin 31 Maret 2023.

Erick Thohir ke Istana untuk melaporkan hasil pertemuan dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Doha, Qatar, Rabu 29 Maret 2023.

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

"Disampaikan tadi Presiden juga akan mengundang Timnas U-20 dalam satu atau dua hari ini. Tentu mekanisme dari Istana yang akan melakukan itu," kata Erick dalam keterangan pers di Kantor Presiden selepas pertemuan.

Kendati demikian, Erick tidak menjelaskan lebih lanjut tujuan Presiden mengundang Timnas U-20, apakah untuk menyemangati atau meminta maaf atas pembatalan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

Erick menyatakan Presiden Jokowi sudah memiliki solusi sebagai upaya pemerintah memfasilitasi talenta muda sepak bola Indonesia meskipun kesempatan mereka tampil di Piala Dunia U-20 raib begitu saja.

Presiden Jokowi.

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Erick yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN menyatakan akan mengikuti instruksi dari solusi yang disiapkan Presiden Jokowi.

"Tentu saya bilang, 'Bapak, saya ikut saja.' Ini pemerintah yang harus hadir," ujarnya.

Indonesia secara resmi dicoret sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 melalui pengumuman yang disampaikan FIFA pada Rabu (29/3) malam WIB.

Pengumuman tersebut muncul setelah beberapa pekan terakhir terjadi pro-kontra mengenai keikutsertaan Israel dalam Piala Dunia U-20 termasuk penolakan yang dilontarkan Gubernur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dalam pengumumannya FIFA tidak menyebut secara rinci alasan pencoretan status tuan rumah Indonesia, melainkan membubuhkan keterangan "karena kondisi terkini".

Pencabutan status tuan rumah praktis membuat Timnas Indonesia U-20 juga batal tampil dalam Piala Dunia U-20 mengingat mereka juga gagal memperoleh tiket putaran final setelah tidak mampu mencapai empat besar Piala Asia U-20 2023.

Logo di kantor FIFA

Photo :

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-20 juga sudah ditemui langsung oleh Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali pada Kamis (30 Maret 2023).

Selain menyampaikan bahwa ia juga bisa merasakan kekecewaan para pemain yang batal tampil setelah bekerja keras mempersiapkan diri, Amali berpesan agar skuad Timnas U-20 serta pelatih Shin Tae-yong tetap bersikap tenang.

Dengan pencoretan tersebut, Indonesia juga praktis mengingkari komitmen sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 yang diperoleh sejak 2019 dan menyisakan potensi sanksi.

Beberapa potensi sanksi tersebut di antaranya, tidak bisa menggelar pertandingan yang diakui oleh FIFA bahkan tiket putaran final Piala Asia 2023 yang sudah berada di tangan anak-anak asuh Shin Tae-yong bukan tak mungkin akan kedaluwarsa. (Ant)

Suporter Timnas Indonesia Piala AFF 2022

Photo :
  • VIVA/Rosikin
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya