Kisah Ajaib PSM Makassar Juara Liga 1 Tanpa Punya Stadion

Selebrasi pemain PSM Makassar usai juara Liga 1 2022/2023
Sumber :
  • psm makassar

VIVA Bola –  PSM Makassar memastikan diri menjadi juara Liga 1 2022/23. Hal tersebut dipastikan usai Juku Eja menaklukkan Madura United 3-1 pada pekan ke-32 Liga 1 di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Jumat malam 31 Maret 2023. 

Kemenangan ini mengantarkan PSM Makassar menduduki posisi pertama klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2022/23 dengan torehan 72 poin dari 32 pertandingan. 

Torehan poin dari Pasukan Ramang ini sudah tidak bisa dikejar oleh pesaing-pesaingnya memperebutkan gelar juara Liga 1 musim ini seperti Persib Bandung di posisi kedua dan Persija Jakarta di peringkat ketiga.

Dihantui Degradasi, Bhayangkara FC Tolak Menyerah Lawan Persib Bandung

Ada hal miris di balik sukses PSM ini. Ternyata, tim besutan Bernardo Tavares berhasil menjadi juara tanpa memiliki stadion di kotanya.

Stadion Andi Mattalatta atau Stadion Mattoangin yang memiliki nilai historis di Makassar dibongkar dan pembangunannya masih terkendala. PSM terpaksa mengungsi ke Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare untuk menggelar laga kandang musim ini.

5 Pemain Bintang Sepakbola Muslim Eropa yang Rajin Ibadah dan Hafal Al-Quran

PSM Makassar juara Liga 1 2022/23

Photo :
  • Instagram PSM Makassar

Perjalanan Makassar ke Parepare cukup jauh yakni 154,2 km. Namun, itu tak menyurutkan dukungan suporter PSM hingga menjadi juara.

Berikut kisah yang dibagikan di akun Instagram @husainabdulla1. Husain Abdullah merupakan juru bicara Jusuf Kalla, Wakil Presiden RI ke-10 dan 12.

Ini ada satu cerita kisah dari kota gila bola kota kiblat sepakbola Tanah Air. Warganya terpaksa menonton tim kesayangannya, PSM Makassar melalui layar lebar. Kejadiannya sudah setahun lebih puluhan ribu suporter menonton melalui layar lebar, warkop dan TV.

Ini terjadi karena di kota tersebut sudah tak ada lagi stadion untuk laga sepakbola. Padahal di kota itu lahir pesepakbola kaliber internasional, Ramang, serta sederet nama pemain yang mengharumkan Indonesia di level Asia dan Asia Tenggara.

Ada banyak kisah tentang sepakbola lahir dari kota tak berstadion itu. Tapi itu hanya satu kisah. Tak dapat menyentuh rasa dan hati pejabatnya yang berkuasa saat ini. 

Dia rubuhkan stadion bersejarah tempat Ramang bermain bola. Lalu berbagai dalih berisi janji lokasi stadion itu sudah seperti hutan. Ada jug satu stadion berdiri di tepi pantai, tapi dibiarkan berdiri tanpa punya niat melanjutkan.

Berkali-kali disentil bahwa kota ini adalah kota gila bola tak ada duanya di Indonesia. Bahwa kota ini laiknya Argentina, Brasil, Italia, Belanda, Inggris. Cerita kehidupan adalah bola. Tapi mereka tak bergeming.

Lalu baru saja klub kesayangannya menjuarai liga kasta tertinggi di Tanah Air. Berpuluh-puluh ribu warganya tumpah ke jalan merayakan kemenangan dan mahkota juara.

PSM Makassar juara tanpa stadion. Cerita yang hanya bisa didengar di negeri dongeng. Pak Presiden dan Mr Erick Thohir dengarkan kisah kami. Kota gila bola tanpa stadion

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya