Performa Timnas Indonesia U-22 Menurun saat Hajar Timor Leste, Fajar Luar Biasa

Muhammad Fajar Fatthurahman merayakan gol
Sumber :
  • PSSI

VIVA Bola – Timnas Indonesia U-22 meraih kemenangan ketiga beruntun dalam laga Grup A SEA Games 2023 Kamboja. 

Ini Sosok Wasit yang Pimpin Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Australia, Kontroversial Lagi?

Pada pertandingan ketiga, Indonesia menghajar Timor Leste U-22 dengan skor 3-0 di National Stadium, Kamboja, Minggu 7 Mei 2023.

Timnas Indonesia U-22 sempat kesulitan dengan permainan bertahan Timor Leste di awal babak pertama. Hingga akhirnya, usaha mereka membuahkan hasil pada menit ke-45 melalui Sundulan Ramadhan Sananta.

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

Dua gol tambahan Indonesia dicetak oleh Muhammad Fajar Fatthurahman. Ia mencetak gol di menit ke-63 dan menit ke-75.

Dengan raihan positif ini, Indonesia dipastikan lolos ke babak semifinal SEA Games 2023. Laga terakhir akan sangat menentukan posisi akhir Indonesia, antara menjadi juara grup atau runner-up.

Satgas Pamtas RI-RDTL Naga Karimata TNI AD Serahkan 7 Pucuk Senjata Api ke Brigjen TNI Joao Xavier

Di sisi lain, meski meraih kemenangan dan berhasil lolos ke babak semifinal, performa Timnas U-22 dinilai menurun ketimbang dua laga sebelumnya.

Pengamat sepakbola nasional, Mahfudin Nigara mengatakan, penampilan pasukan Indra Sjafri tidak sebaik saat menumbangkan Myanmar. 

Bukan hanya dalam jumlah gol, tapi secara keseluruhan tim asuhan Indra Sjafri itu kurang mulus.

"Banyak kesalahan elementer terjadi. Beberapa kali serangan balik Timor Leste nyaris membobol gawang Indonesia yang dijaga oleh Muhammad Adisatryo. Beruntung Olagar Xavier dan kawan-kawan tidak cukup tenang," kata Nigara.

Lebih lanjut, Nigara menilai, man of the match pada laga melawan Timor Leste adalah Muhammad Fajar Fatthurahman. Menurutnya, penampilan Fajar semakin hari semakin baik.

"Ia memperlihatkan kelebihannya dibanding rekan-rekannya. Skill nya sangat mumpuni, selain itu, kepercayaan dirinya juga sangat menonjol," kata Nigara.

"Sekali lagi, PSSI dan Klub tempat Fajar bernaung Borneo FC, hendaknya harus menjaganya ekstra ketat agar sunar Fajar makin cemerlang. Di laga tersebut, Fajarlah man of the match," jelasnya.

Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi tuan rumah Kamboja pada laga pamungkas Grup A. Duel bakal berlangsung di stadion yang sama pada 10 Mei 2023,

Karena Indonesia sudah dipastikan lolos ke semifinal, Nigara menyarankan agar Indra Sjafri menurunkan pemain lapis kedua. 

"Fajar, Marselino Ferdinan, Sananta, ada baiknya diistirahatkan untuk partai semifinal. Thailand atau Vietnam yang akan kita hadapi di semifinal bukanlah lawan seperti Filiphina, Myanmar, Timor Leste, dan Kamboja," ucapnya.

"Dua negara itu selain memiliki kelebihan speed and power nya mumpuni, tekniknya juga berada di atas rata-rata bangsa Asean,"tuturnya.

"Apalagi dalam catatan sejarah, kita sangat sulit setiap menghadapi mereka. Untuk itu, Indra Sjafri harus sudah memiliki kiat khusus agar anak-anak kita bisa menggapai tiket ke final," pungkasnya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya