Sebelum Tantang Argentina, Ini 5 Negara Top yang Pernah Dihadapi Timnas Indonesia

Islandia Menang Telak Atas Indonesia Dengan Skor 4-1
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Bola – Timnas Indonesia bakal bertemu Timnas Argentina dalam gelaran FIFA Matchday, Senin 19 Juni 2023. Duel digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Timnas U23 Dicurangi Wasit, Fitri Carlina Sangat Kecewa dan Ungkapkan Kekesalannya

Laga ini tentunya sangat dinanti suporter Indonesia. Apalagi, Albiceleste berstatus sebagai juara Piala Dunia 2022 dan juga peringkat 1 dunia FIFA.

Sebelum Argentina, ternyata Indonesia sempat beberapa kali menghadapi negara top dunia. Berikut ulasannya.

Kisah Andik Vermansah, Sempat Jadi Rebutan Klub Top Dunia Kini Terseok-seok di Liga 2

1. Timnas Uni Soviet

Aksi Ramang di duel Indonesia versus Uni Soviet pada Olimpiade 1956 silam

Photo :
  • FIFA.com

Dulu, Timnas Uni Soviet merupakan salah satu negara superpower di dunia sepakbola. Timnas Indonesia bertemu Uni Soviet di perempatfinal Olimpiade Melbourne pada 29 November 1956.

Terpopuler: Netizen Serang Wasit Nasrullo Kabirov, Ivar Jenner Sebut Qatar Badut

Kala itu, Uni Soviet mempunyai beberapa pemain kaliber dunia. Sebut saja, Igor Netto, Valentin Ivanov, termasuk kiper legendaris Lev Yashin.

Laga perempat final Uni Soviet kontra Indonesia disaksikan sekitar 3.000 penonton. Prediksi saat itu, Uni Soviet bakal mudah menekuk para pemain Indonesia yang rata-rata berpostur tubuh lebih pendek.

Hebatnya, berkat pertahanan berlapis Indonesia menahan Uni Soviet 0-0. Namun, di partai ulangan pada 1 Desember 1956, skuad Garuda takluk 0-4.

Keberhasilan menahan imbang Uni Soviet menjadi sejarah tersendiri. Apalagi, Uni Soviet akhirnya merebut medali emas Olimpiade Melbourne dengan menekuk Yugoslavia 1-0 di final.

2. Timnas Uruguay

Uruguay Lawan Indonesia

Photo :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

Uruguay berhadapan dengan Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 8 Oktober 2010. Saat itu, La Celeste sedang bagus-bagusnya, karena baru saja menjadi semifinalis Piala Dunia 2010.

Indonesia sempat mengejutkan dengan unggul lebih dulu lewat gol Boaz Solossa di menit 18. Namun, setelah itu Tim Garuda menjadi bulan-bulanan tim tamu. Uruguay sukses menceploskan tujuh gol ke gawang Markus Haris Maulana.

Edinson Cavani dan Luis Suarez tampil menggila dengan sama-sama menyumbangkan hattrick. Satu gol Uruguay lainnya dicetak Sebastian Eguren. Kekalahan ini sebenarnya sangat wajar mengingat kualitas yang jauh antara kedua tim. Terbukti, pada 2011 Uruguay berhasil keluar sebagai juara Copa America.

3. Timnas Belanda

Indonesia vs Belanda

Photo :
  • VIVAnews/Fernando Randy

Kunjungan Belanda ke Indonesia pada 7 Juni 2013 terasa spesial. Sebab, Die Oranje baru saja menjadi runner up Piala Dunia 2010. 

Belanda yang ditukangi Louis van Gaal juga membawa pemain inti mereka. Dari mulai Wesley Sneijder, Robin van Persie, hingga Arjen Robben.  

Indonesia akhirnya kalah 0-3, lewat dua gol Siem de Jong dan satu gol Robben. Namun, Timnas yang dilatih Jacksen F Tiago tetap mendapatkan apresiasi karena sempat membuat Belanda frustrasi.

Indonesia sempat menahan Belanda 0-0 di babak pertama. Kiper Kurnia Meiga juga tampil gemilang dan membuat striker sekelas Van Persie tak mampu membobol gawangnya.

4. Timnas Kamerun

Indonesia Takluk dari Kamerun 0-1

Photo :
  • ANTARA/Zabur Karuru

Timnas Kamerun menjajal Tim Garuda di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, 25 Maret 2015. Saat itu, Kamerun memang tak membawa seluruh pemain intinya. Tak ada nama Samuel Eto'o dalam tim besutan Volker Finke. 

Indonesia hanya kalah tipis 0-1 dari Kamerun. Gol dicetak Vincent Aboubakar di menit 35. Dua tahun berselang, Kamerun sukses menjuarai Piala Afrika 2017. 

Menariknya. Aboubakar yang mencetak gol ke gawang Indonesia, menjadi pahlawan Kamerun di final Piala Afrika, saat melawan Mesir. Pemain Besiktas ini memastikan kemenangan Kamerun 2-1, lewat golnya di menit 88.

5. Timnas Islandia

Islandia Menang Telak Atas Indonesia Dengan Skor 4-1

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Timnas Indonesia akan menghadapi Islandia dalam laga persahabatan, Minggu 14 Januari 2018. Laga ini berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Duel ini terasa spesial. Sebab, Islandia baru saja lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Indonesia sempat unggul lebih dulu lewat gol Ilham Udin Armaiyn di menit 29. Namun, Islandia akhirnya menang telak 4-1.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya