PSSI: Nasib Shin Tae-yong Tergantung Piala Asia 2023

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • Media PSSI

VIVA Bola – Ketua Umum PSSI Erick Thohir akhirnya menjelaskan kontrak pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Timnas U23 Dicurangi Wasit, Fitri Carlina Sangat Kecewa dan Ungkapkan Kekesalannya

Dia mengatakan, kontrak pelatih asal Korea Selatan itu hanya sampai Piala Asia 2024. Sejatinya, masa bakti Shin Tae-yong akan berakhir pada Desember 2023. 

Meski begitu, PSSI tetap memberikan kepercayaan kepadanya untuk tetap melatih tim sampai Piala Asia yang akan digelar Januari - Februari 2024.

Kisah Andik Vermansah, Sempat Jadi Rebutan Klub Top Dunia Kini Terseok-seok di Liga 2

Setelah itu, terkait perpanjangan kontrak, Erick Thohir mengatakan tergantung dengan performa Timnas Indonesia di Piala Asia.

"Memang sudah ada pembicaraan dengan Shin Tae-yong bahwa beliau itu kontraknya habis di bulan Desember (2023). Kan opsinya perpanjang atau tidak, tapi kami ada kesepakatan akan persiapkan sampai Piala Asia (2024)," ujar Erick.

Terpopuler: Netizen Serang Wasit Nasrullo Kabirov, Ivar Jenner Sebut Qatar Badut

Piala Asia 2023 dijadwalkan berlangsung di Qatar mulai 10 Januari sampai 12 Februari 2024. Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Vietnam, dan Irak.

Setelah itu, skuad Garuda akan dihadapkan dengan babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Juni 2024 jika berhasil lolos dari babak pertama yang digelar pada Oktober 2023.

Nantinya, Erick akan membahas ulang kesepakatan kontrak dengan Shin Tae-yong untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dengan penambahan jumlah peserta dan slot negara Asia, pasukan Merah Putih dibebani target tinggi oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu.

"Nanti Juli (Juni 2024) itu ada Kualifikasi Piala Dunia (2026) yang harus kami ulang (pembicaraan dengan Shin Tae-yong) dan kedua belah pihak sudah menyepakati," kata Erick menambahkan.

Tahun ini, timnas Indonesia senior akan menjalani sejumlah agenda, di antaranya FIFA Matchday, Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, hingga Piala Asia 2023.

Untuk persiapan pertandingan FIFA Matchday bulan Juni nanti, Shin Tae-yong bakal memulai pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia pada 5 Juni 2023. Ia berencana memanggil pemain lokal dan pemain yang berkarier di luar negeri.

Agenda terdekat, timnas Indonesia akan menghadapi timnas Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya pada 14 Juni 2023. Berikutnya, skuad Garuda dijadwalkan melawan timnas Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, pada 19 Juni 2023

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya