Timnas Indonesia U-22 dan Peraih Medali SEA Games Disiram Bonus oleh Pemerintah

Jokowi berikan bonus ke peraih medali SEA Games
Sumber :
  • PSSI

VIVA Bola – Pemerintah Indonesia melalui Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi bonus dengan jumlah total sebesar Rp289 miliar kepada seluruh atlet, pelatih dan asisten pelatih yang telah meraih medali emas, perak, dan perunggu di ajang olahraga SEA Games 2023 Kamboja di Istana Merdeka Jakarta, Senin 5 Juni 2023.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Pada kesempatan ini, seluruh pemain Timnas Indonesia U-22 kecuali Pratama Arhan beserta jajaran pelatih yang dipimpin pelatih Indra Sjafri datang ke Istana Merdeka dan didampingi Ketua Umum Erick Thohir, Waketum Zainudin Amali dan Manajer Tim Sumardji . 

Presiden Jokowi mengapresiasi capaian tim U-22 Indonesia yang sukses meraih medali emas. Prestasi ini sudah dinantikan masyarakat Indonesia sejak puluhan tahun.

Prabowo dan Gibran Bakal Temui Jokowi Nanti Malam

"Dan juga tim sepakbola yang sudah 32 tahun nggak pernah kita itu dapat emas, nggak dapet, 32 tahun nggak pernah dapet emas, ini dapet," kata Jokowi.

Presiden Jokowi menyarankan kepada seluruh penerima bonus SEA Games untuk menggunakan uang bonus sebagai investasi jangka panjang.

Sri Agustin, Nasabah Mekaar yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel

"Saya pesan, saya titip bonus ini dimanfaaatkan sebaik-baiknya utamanya untuk investasi jangka panjang, jangan dibelikan barang mewah yang tidak bermanfaat," kata Presiden Jokowi.

Presiden mengatakan apabila uang bonus digunakan untuk investasi atau barang bernilai investasi tinggi yang bersifat jangka menengah hingga panjang, maka nilainya akan terus naik.

"Kalau beli mobil sekarang, tahun depan dijual sudah jadi separuh (nilainya). Bedanya di situ investasi dan bukan investasi. Saya titip di situ karena perjuangan saudara-saudara masih panjang," ujar dia.

Sementara itu, pelatih Indra Sjafri mengaku bersyukur dan bangga atas apresiasi yang diberikan Presiden Jokowi. Ia menyebut momentum emas ini harus menjadi momen kebangkitan sepak bola Indonesia. 

"Alhamdulillah hari ini kami bersyukur dapat bertemu dan sekaligus menerima apresiasi dari pemerintah Indonesia melalui Presiden Jokowi. Kami ucapkan terima kasih banyak atas perhatian besar pak Presiden Jokowi untuk sepak bola Indonesia," kata Indra Sjafri. 

Pada kesempatan ini, tim U-22 Indonesia juga mendapat sesi khusus dari Presiden Jokowi. Para pemain mendapat arahan dan wejangan dari Presiden. 

"Presiden juga berharap tim ini berkelanjutan dan memberikan nasehat kepada pemain untuk bijak dalam mengelola uang bonus. Sangat terharu kami tadi karena pak Presiden bilang revolusi mental dimulai dari sepak bola," tambahnya. 

Pada kesempatan yang sama, gelandang Marselino Ferdinan sangat senang dengan pemberian bonus dari Presiden Jokowi. Ia menyebut awalnya sedikit gugup karena baru pertama kali ke Istana Negara lewat sepak bola. 

"Sangat bersyukur dan terima kasih banyak untuk Presiden Jokowi yang telah memberikan apresiasi berupa bonus yang luar biasa untuk kami. Presiden tadi juga berpesan agar kami pemain-pemain muda agar bijak dalam mengelola bonus. Selain itu, terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kami," tambah Marselino.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya