Menkop UKM Apresiasi Program KolaboraSIB di Graha Persib

Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki
Sumber :
  • VIVA/Dede Idrus

Bandung – Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki menyambangi Graha Persib, Jalan Sulanjana, Bandung, Rabu 11 Oktober 2023.

Kemenparekraf Kick Off Fase Bootcamp Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024, Diawali Dua Kota Ini

Kehadiran Teten ini untuk mendukung program KolaboraSIB Persib yang melibatkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Kedatangan Teten disambut Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Kuswara S. Taryono dan Direktur Operasional Muhammad Iskandar. Teten bersama rombongan langsung menuju Persib store di Lantai 2 Graha Persib dan sempat berkeliling melihat berbagai produk original Persib sebelum menuju Pojok KolaboraSIB.

Dari TikTok ke Kehidupan Nyata: Kisah Inspiratif Aisyah, Kreator Affiliate Sukses Bantu Keluarga

Teten memberikan apresiasi terhadap program KolaboraSIB tersebut. Karena menurutnya, Persib yang memiliki nilai jual bisa mengangkat para pelaku UMKM untuk bisa meningkatkan penjualan produknya.

"Baru kali ini saya bisa mengunjungi Graha Persib, ini jadi pertama saya mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Persib yang sudah memberikan ruang bagi para pelaku UMKM untuk menjadi supplier ya bagi Persib untuk beberapa produk," kata Teten kepada wartawan.

Ganjaran Kementerian BUMN untuk Pelindo karena Bantu Promosikan UMKM

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Kolaborasi Persib dengan pelaku UMKM, diakui Teten punya potensi untuk dikembangkan keberbagai supplier dari para UMKM. Pelaku UMKM di sektor kuliner juga bisa memanfaatkan produk ekonomi di saat pertandingan.

"Saya kira sangat bagus, kan kita memang pengembangan bola di Indonesia nih kebetulan saya kan bekas kepala staf Presiden Pak jadi saya tahu desain besar pak Jokowi itu untuk pengembangan industri bola itu kan basisnya adalah klub basisnya adalah industri," terangnya.

"Jadi seluruh aspeknya harus bisa menghasilkan value ekonomi sehingga klub kita kalau bisa ya punya kemampuan kapital yang kuat sehingga kita bisa membangun industri sepak bola kita fondasinya kuat ya," lanjutnya.

Teten berharap program yang dibuat Persib Bandung dengan pelaku UMKM bisa menjadi contoh untuk klub lainnya di Indonesia.

"Itu yang tadi saya senang sekali memberi apresiasi dalam pengelolaan tadi merchandise terus stadion juga udah melibatkan para pelaku UMKM mudah-mudahan klub-klub lain juga meniru seperti Persib ini," paparnya.

Sementara itu, Direktur Operasional PT Persib Bandung Bermartabat, Muhammad Iskandar, menjelaskan KolaboraSIB merupakan program kolaborasi Persib sebagai klub sepakbola dengan berbagai sektor dan industri lainnya (cross-industry). Ini mencakup kolaborasi ide, gagasan dan pemikiran yang diharapkan dapat menciptakan sebuah karya yang positif dan dapat dinikmati oleh banyak orang.

Pada program KolaboraSIB kali ini, Persib menggandeng brand Cosmic dan Hammerstouth. Kedua brand lokal ini dinilai telah mewakili gaya berpakaian (style) para suporter Persib saat ini. Selain itu, berbagai produk dari kedua brand tersebut pun selalu up to date.

Sebelum menggandeng Cosmic dan Hammerstouth, Persib telah melakukan kolaborasi dengan beberapa band lokal asal Bandung, seperti Koil dan Teenage Death Star. Tim berjuluk Maung Bandung ini juga telah melakukan kolaborasi dengan tokoh kreatif Bandung seperti Dendy Darman untuk meluncurkan kaos Persib edisi khusus.

"Ke depannya, Persib akan terus melakukan kolaborasi aktif dengan berbagai UMKM dan juga tokoh kreatif asal Bandung lainnya," kata Iskandar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya