PSMS Medan Pindah Kandang

PSMS Medan saat main di Stadion Teladan
Sumber :
  • Dok. PSMS Medan

Medan – PSMS Medan harus angkat kaki sementara dari Stadion Teladan, Kota Medan. Karena akan dilakukan renovasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI.

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Skuad Ayam kinantan masih akan berkandang di sana saat menjamu Sada Sumut FC, Sabtu sore WIB 11 November 2023. Manajemen PSMS Medan memutuskan pindah kandang hingga akhir kompetisi ke Stadion Baharoeddin Siregar, Kecamatan Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang.

Dalam mengarungi Liga 2 2023/2024, Stadion Baharoeddin Siregar menjadi markas tiga tim asal Sumut kini, yaitu PSDS Deliserdang, PSMS Medan, dan Sada Sumut FC.

Momen Pratama Arhan Peluk Mesra Azizah Salsha Usai Timnas Indonesia Lolos Piala Asia U-23

Stadion Teladan

Photo :
  • VIVA.co.id/Uga Andriansyah

Ketua Panitia Pelaksana Pertandingan (Panpel) PSMS Medan, Irsan Lubis membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan PSMS Medan harus berpindah markas lantaran pada November 2023, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Cipta Karya akan memulai renovasi Teladan pada penghujung November 2023. 

Menang di Laga Perdana Proliga, Jakarta LavAni Akui Masih Punya Kekurangan

"Dari informasi yang kami terima, usai pertandingan PSMS melawan Sada Sumut, Kementerian PUPR akan memulai renovasi Stadion Teladan. Untuk itu stadion kandang PSMS selanjutnya di Stadion Baharoeddin Siregar," ucap Irsan Lubis, Kemarin.

Menurut Irsan, pihaknya mendapatkan pemberitahuan agar PSMS tidak lagi menggelar pertandingan kandang di Teladan, lantaran akan direnovasi. Pembongkaran tribun stadion selanjutnya menjadi hal pertama yang dilakukan Kementerian PUPR.

PSMS Medan

Photo :
  • BS Putra (Medan)/ VIVA

"Ya kami dapat pemberitahuan bahwasanya hasil rapat di Surabaya antara Kementerian PUPR dan klub-klub sepakbola. Untuk pembongkaran Stadion Teladan digelar 17 November nanti. Untuk itu pertandingan (PSMS) selanjutnya menghadapi Semen Padang dan PSPS Riau, akan digelar di Stadion H Baharoeddin Siregar Lubukpakam," ucap Irsan.

Stadion Teladan sebelum kompetisi didaftarkan PSMS Medan sebagai stadion kandang bersama dengan Stadion Baharoeddin Siregar. Manajemen PSMS Medan memutuskan tetap menggunakannya sementara waktu lantaran sebelumnya jadwal renovasi belum ditentukan. 

"Lalu manajemen PSMS mengajukan permohonan kepada Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Medan selaku pengelola Stadion Teladan agar PSMS bisa menggunakannya sebagai kandang sampai renovasi dilaksanakan. Memang manajemen mendaftarkan Teladan dan Baharoeddin Siregar ke PT Liga (Liga Indonesia Baru). Jadi kapanpun PSMS tak bisa pakai Teladan lagi, stadion kandang otomatis berpindah ke Lubukpakam," ucap Irsan.

Chief Operating Officer (COO) PT Kinantan Medan Indonesia, Andry Mahyar Matondang mengimbau masyarakat pencinta PSMS Medan dan suporter untuk bersama-sama datang meramaikan pertandingan terakhir menghadapi Sada Sumut laga di Teladan maupun di Stadion Baharoeddin Siregar nantinya. 

"Mari bersama-sama menggelar pesta di Teladan sebagai bentuk salam perpisahan sampai dengan dibangunnya Teladan kembali dgn standar internasional sebagaimana yang dijanjikan bapak Wali Kota Medan kepada kita," ungkapnya.

Mewakili Manajemen dan Panitia Pelaksana Pertandingan PSMS Medan, Andry Mahyar Matondang, juga mengucapkan terima kasih kepada Pemko Medan/Dispora Medan yang memberikan izin PSMS bermarkas di Stadion Teladan Medan.

"Sekaligus manajemen PSMS mengucapkan terima kasih kepada bapak Wali Kota (Bobby Afif Nasution) dan Kadispora Kota Medan (Pulungan Harahap) yang tetap memberikan izin kepada PSMS bermarkas di Teladan sampai batas waktu renovasi dilaksanakan," ucapnya.

Renovasi stadion yang dibangun 1952 dan rampung 1953 itu dijadwalkan berlangsung pada Oktober 2023 lalu, kendati selanjutnya mengalami penundaan. Stadion berkapasitas 15.000 penonton itu nantinya dibangun menjadi stadion bertaraf internasional dan berstandar FIFA termasuk akan memiliki single seat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya