Pemain Wolverhampton Wanderers, Justin Hubner Resmi Jadi WNI

Justin Hubner
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Bek Wolverhampton Wanderers U-21, Justin Hubner resmi menjadi Warga Negara Indonesia. Itu setelah dia mengucapkan sumpah di Kantor Kemenkumham, Jakarta, Rabu 6 Desember 2023.

Elkan Baggott dan Maarten Paes Tak Dipanggil Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia Vs Irak

Dalam tayangan streaming live yang disediakan Kemenkumham, Justin Hubner nampak menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum diambil sumpah setianya.

"Demi Tuhan yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh. Melepaskan, seluruh kesetiaan setia kepada kekuasaan hati, dengan ini tunduk dan setia kepada NKRI, Pancasila, dan undang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945," kata Hubner yang mengikuti arahan Ibnu Chuldun.

PSSI: 50 Ribu Tiket Timnas Indonesia Sudah Terjual

"Dan akan membelanya, dengan sungguh-sungguh serta akan menjalankan, kewajiban, yang dibebankan negara kepada saya, sebagai warga negara Indonesia, dengan tulus dan ikhlas," ucap pemain kelahiran Belanda tersebut.

Justin Hubner menyusul rekan-rekannya yang lain yakni Ivar Jenner dan Rafael Struijk. Pada awalnya, dia sempat tidak akan dinaturalisasi karena dipanggil Timnas Belanda kelompk usia.

Tiket Timnas Indonesia Mahal, PSSI Minta Maaf

Namun, selang beberapa lama kemudian, PSSI mengumumkan bahwa mereka akan melanjutkan proses naturalisasi Justin Hubner sebagaimana diumumkan pada awal November lalu. 

Saat itu PSSI menyebut bahwa Justin Hubner hanya tinggal menunggu persetujuan Presiden RI Joko Widodo sebelum diambil sumpahnya. Dengan demikian, Hubner segera membela Timnas Indonesia. Ada dua ajang yang ia bisa ikuti yakni Piala Asia 2024 dan Piala Asia U-23.

Elkan Baggott

Witan Sulaeman Naik Haji, Elkan Baggott Masih Tanda Tanya

Nama Witan Sulaeman dan Elkan Baggott tidak ada dalam daftar pemain Timnas Indonesia yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

img_title
VIVA.co.id
17 Mei 2024