PSM Makassar Pindah Markas ke Balikpapan

Direktur Utama PSM Makassar, Sadikin Aksa
Sumber :
  • Direktur Utama PSM Makassar, Sadikin Aksa

Makassar – PSM Makassar dipastikan akan berpindah markas saat Liga 1 2023/2024 dilanjutkan. Pemindahan markas pasukan Ramang itu disampaikan langsung oleh Direktur Utama PSM Makassar, Sadikin Aksa.

Kata Thomas Doll Usai Persija Turunkan Rans ke Zona Degradasi

Dia memastikan bahwa Pasukan Ramang akan bermarkas di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Saya sudah kasih tahu, main di Batakan itu lebih murah. Berarti secara finansial PSM Makassar main di Batakan lebih bagus,” kata Sadikin saat jumpa pers di salah satu kafe di Kota Makassar, Rabu 20 Desember 2023.

Soal Anggapan Raja Penalti Liga 1, Begini Pembelaan Arema FC

Sadikin pun menjelaskan bahwa PSM harus mengungsi sementara ke Stadion Batakan. Hal itu dikarenakan Stadion Gelora BJ Habibie Parepare yang dalam dua musim terakhir menjadi markas PSM akan direnovasi.

Hanya saja, kata dia, liga diliburkan selama dua pekan karena adanya Piala Asia 2023. Nantinya setelah libur, kata, Sadikin PSM akan menjamu Persita Tangerang pada 4 Januari 2024

Klasemen Liga 1: Klub Raffi Ahmad Kecebur Zona Degradasi

Persik Kediri vs PSM Makassar

Photo :
  • instagram.com/psm_makassar

"Stadion BJ Habibie sementara akan direnovasi. Jadi kita memilih untuk di Batakan dulu," katanya

Selain itu, kata Sadikin, Batakan dipilih karena PSM memiliki suporter di Kalimantan. Kemudian, harga menyewa Batakan lebih murah secara finansial bagi Pasukan Ramang.

Sadikin menyebut jika di Batakan lebih murah ketimbang markas sebelumnya, mulai dari biaya lain-lain menjadi terpotong. Termasuk biaya keamanan lebih murah dibandingkan ketika bermain di Kota Parepare.

Perayaan Haornas 2022 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kaltim

Photo :
  • Istimewa

“Batakan itu tidak ada lagi investasinya, kita sewa selesai komplit dia punya fasilitas tinggal pakai orang datang langsung kerja, tidak ada lagi kita sewa barikade dan lain-lain. Sudah komplit,” ujarnya.

Sadikin mengaku akan lebih hemat jika bermarkas di Batakan. Sebab, menurut dia, secara akomodasi, operasional, serta biaya lain-lain, bermarkas di Batakan akan sesuai kantong manajemen PSM.

“Tapi secara keseluruhan, dari makassar ke Parepare sama-sama sewa hotel juga di Balikpapan. Jadi beda cara hitungnya,” terangnya.

Kemudian, lanjut dia, Batakan dipakai dua klub Borneo FC dan PSM Makassar. Pesut Etam juga harus mengungsi ke Balikpapan karena Stadion Segiri sedang direnovasi.

Hal ini tentu akan meringankan lagi biaya bagi PSM Makassar. Sebab, pasukan Juku Eja tidak mesti memboyong LED ke Balikpapan. LED milik Borneo yang akan dipakai kedua klub ini.

"Stadion itu akan dipakai dua klub Yakni PSM Makassar dan Borneo FC. Ini juga akan meringankan biaya kita," katanya memungkasi.

Sekedar diketahui, Stadion Batakan Balikpapan merupakan salah satu stadion terbesar di Indonesia. Stadion itu mulai beroperasi sejak 2017 lalu dengan berkapasitas 42.000 bangku penonton. Lokasinya tepat di Jalan Mulawarman, Manggar, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya