Piala Indonesia 2010

Tekuk Persipura, Persik Rebut Tempat Ketiga

Persik Kediri
Sumber :
  • Pareka

VIVAnews - Persik Kediri berhasil merebut tempat ketiga pada Piala Indonesia 2010 usai mengalahkan Persipura 1-0, Sabtu, 31 Juli 2010. Gol semata wayang pada pertandingan ini dicetak oleh Dodit Fitrio pada menit ke-5.

Ini merupakan gelar hiburan bagi Persik setelah terpuruk di Liga Super Indonesia (ISL) 2009/2010. Macan Putih sendiri akan berjuang untuk lepas dari jerat degradasi dalam duel ulang vs Persebaya, 5 Agustus mendatang.

Bertanding di Stadion Manahan Solo, Persik berada dalam tekanan juara ISL 2009/2010, Persipura. Namun pada menit ke-5, Persik berhasil mengejutkan Mutiara Hitam lewat gol Dodit Fitro.

Dodit mencetak gol memanfaatkan bola rebound tendangan spekulasi Saktiawan Sinaga dari luar penalti. Skor 1-0 ini bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Persipura praktis menguasai jalannya laga. Sebaliknya Persik memilih bertahan dengan menumpuk hampir seluruh pemainnya di barisan belakang dan meninggalkan Yongky Ariwibowo seorang diri di lini depan.

Strategi ini terbukti ampuh. Meski mendominasi jalannya pertarungan, Persipura terlihat kesulitan untuk melakukan penetrasi ke kotak penalti Persik.

Pada menit ke-69, Boaz Solossa akhirnya berhasil menerobos kotak penalti lawan usai mengecoh dua pemain belakang Persik. Sayang tendangannya masih melambung di atas mistar gawang Persik yang dijaga Herman Batak.

Pada menit ke-72, Persik nyaris menggandakan keunggulannya. Berawal dari sebuah serangan balik, Yongky Ariwibowo mampu menggiring bola hingga ke kotak penalti Persipura. Namun tendangannya terlalu lemah sehingga mudah dikuasai oleh Jendry Pitoy.

Pada menit ke-73, Boaz Solossa kembali mengancam gawang Persik lewat tendangan penjuru yang mengarah ke gawang Macan Putih. Beruntung kiper Persik, Herman Batak jeli membaca rah bola dan berhasil menepisnya.

Persipura terus menekan pertahanan Persik di sisa babak kedua. Namun hingga laga usai, pasukan Jacksen F Tiago gagal mengejar ketertinggalannya.

Susunan Pemain
Perspura
Jendry Pitoy (g), Ricardo Salampessy, Bio Paulin, Ortizan Solossa, Victor Igbonefo, Eduard Ivakdalam/David Laly (67'), Immanuel Wanggai/David Uron (74'), Stevie Bonsapia, Hendra Ridwan/E Ames (59'), Gerald Pangkaly, Boaz Solossa

Persik
Herman Batak (g), Tito Purnomo, OK John, Gunawan, Mahyadi Panggabean, Kusnul Yuli, Jeferi Dwi Hadi, Legimin Rahardjo, Dodit Fitrio/Mekan Nasirov (52'), Saktiawan Sinaga/Byung Yul (33'), Yongki Ariwibowo

Buka Pendaftaran, Ini Kriteria Calon Wali Kota Malang yang Dicari PKB untuk Pilkada 2024
Wakil Ketua Umum DPP Nasdem Ahmad Ali.

Tak Lapor Surya Paloh, Waketum Nasdem Klaim Temui Prabowo Tanpa Wakili Partai

Waketum Nasdem menegaskan tidak ada pembicaraan politik dengan Prabowo.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024