Timnas Indonesia Tanpa Pratama Arhan dan Ivar Jenner

Pratama Arhan di Timnas Indonesia
Sumber :
  • PSSI

Hanoi – Timnas Indonesia menjalani lawatan ke My Dinh National Stadium, markas Timnas Vietnam dalam pertandingan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Selasa malam WIB 26 Maret 2024. Pratama Arhan dan Ivar Jenner yang jadi starter pada laga sebelumnya tak bisa tampil.

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Pratama Arhan dan Ivar Jenner mengalami sakit dan sampai sekarang masih tinggal di Jakarta. Selain mereka ada juga Dimas Drajad, Nadeo Argawinata, Sandy Walsh, dan Marc Klok yang absen.

Penyakit yang melanda Timnas Indonesia ini terjadi sehari setelah bermain melawan Timnas Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan pada Kamis 21 Maret 2024. Rafael Struick yang menyusul datang ke  Vietnam, kemarin pun sempat mendapat perawatan di rumah sakit.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

"Ini adalah situasi yang kurang baik bagi kami," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang pertandingan, kemarin.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Photo :
  • VIVA/Riki Ilham Rafles
Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Sandy Walsh yang main melawan Vietnam di pertandingan sebelumnya tidak bisa ikut tim karena harus menjalani hukuman akumulasi kartu kuning. Sementara Marc Klok meninggalkan tim karena harus menjalani pemulihan cedera tendon achilles di Singapura.

Berkurangnya skuad Indonesia membuat Shin Tae-yong harus melakukan pemanggilan tambahan. Muhammad Ferrari, Rachmat Irianto, Ernando Ari, dan Syahrul Trisna akhirnya menyusul datang ke Vietnam.

Tidak adanya Arhan dalam skuad Indonesia menjadi angin segar bagi Vietnam. Karena pada pertandingan di SUGBK, spesialis lemparan ke dalam jarak jauh itu jadi momok menakutkan.

Indonesia mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 lewat gol Egy Maulana Vikri. Prosesnya diawali dari lemparan ke dalam jarak jauh Arhan yang gagal diantisipasi dengan sempurna oleh pemain Vietnam.

Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier

Photo :
  • VIVA/Riki Ilham Rafles

Pelatih Vietnam, Philippe Troussier tak memungkiri lemparan ke dalam Arhan merupakan ancaman bagi tim besutannya. Dia bahkan mengaku sempat bertanya kepada tim lain, termasuk Timnas Jepang.

Lemparan ke dalam Arhan itu kemudian dipelajari oleh Troussier untuk diantisipasi pada pertandingan hari ini. Dia tak mau anak asuhnya kembali merasakan kebobolan dari skema yang sama.

"Kalau besok pemain nomor 12 (Arhan) main, saya berharap kami bisa dan siap mengatasi masalah ini. Kami sudah berbicara dengan pemain untuk mengatasi masalah ini," tutur Troussier.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya