Shin Tae-yong Beber Alasan 'Sentil' AFC

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI

Qatar – Pelatih Indonesia U-23, Shin Tae-yong 'menyentil' AFC terkait dengan kepemimpinan wasit di Piala Asia U-23 2024. Dia meminta agar konfederasi sepakbola Asia itu lebih adil kepada semua kontestan.

Tanggapan Pelatih Anyar Vietnam Kim Sang-sik Bertemu Timnas Indonesia di Grup ASEAN Cup 2024

Shin Tae-yong masih belum menerima sepenuhnya kepemimpinan wasit Shen Yinhao dalam pertandingan semifinal Piala Asia U-23 2024 antara Indonesia U-23 vs Uzbekistan U-23. Dalam pertandingan tersebut, skuad Garuda Muda takluk dengan skor 0-2.

Rizky Ridho mendapat kartu merah dari wasit. Kemudian Shin Tae-yong yang sempat melakukan protes juga mendapatkan kartu kuning dari wasit asal China tersebut.

Segrup dengan Timnas Indonesia di ASEAN Cup 2024, Vietnam Merasa Diuntungkan

Sentilan kepada AFC diutarakan Shin Tae-yong saat konferensi pers jelang pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 melawan Irak U-23 di Abdullah Bin Khalifa, Doha, Qatar pada Kamis malam WIB 2 Mei 2024.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Photo :
  • PSSI
Rektor UM Surabaya Harap Rizky Ridho Bisa Bawa Timnas Indonesia Lolos Kualifikasi Piala Dunia 2026

Muncul pertanyaan dari jurnalis Irak terkait ucapan tersebut. Apakah Shin Tae-yong mengutarakannya untuk psywar kepada Irak U-23 atau murni masukan kepada AFC.

Juru taktik asal Korea Selatan menepis pemikiran seperti itu. Dia membeberkan sentilan diucapkan agar sepakbola Asia berkembang lebih baik lagi.

"Saya tidak memiliki niat untuk psywar ke AFC juga ya, termasuk memberi tekanan kepada mereka, saya ingin mereka berkembang, dan semua pemain dan juga level permainan di AFC berkembang, itu yang saya harapkan," kata Shin Tae-yong.

Menurut Shin Tae-yong, kepemimpinan yang baik dari wasit akan membuat pertandingan berjalan dengan baik juga. Hal-hal buruk selama laga berjalan pun bakal tidak ada.

"Saya hanya ingin semua saling menghormati saja, pemain dan wasit harus saling menghormati, wasit juga harus menghormati pelatih, begitu juga sebaliknya. Jika itu terjadi, tak akan ada hal buruk yang terjadi dalam sebuah pertandingan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya