Ini Netizen Indonesia yang Rasis ke Guinea Usai Timnas Indonesia U-23 Gagal Lolos Olimpiade

Guinea U-23 vs Timnas Indonesia U-23
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Timnas Indonesia U-23 kalah dari Guinea pada laga playoff Olimpiade 2024. Bertanding di Stade Pierre Pibarot, Prancis, Kamis 9 Mei 2024, Indonesia kalah dengan skor 0-1.

Shin Tae-yong Blak-blakan Ungkap Alasan Panggil Malik Risaldi ke Timnas Indonesia

Gol tunggal Guinea dicetak oleh Ilaix Moriba pada menit ke-29' melalui titik penalti. Guinea mendapat penalti seusai Witan Sulaeman menjatuhkan striker lawan. Kekalahan ini membuat Indonesia gagal lolos ke Olimpiade.

Kekalahan ini tampaknya tak bisa diterima oleh sejumlah fans Timnas Indonesia. Mereka melakikan aksi rasis akun media sosial pemain Guinea dan Federasi Sepak Bola Guinea (FGF).

Shin Tae-yong: Kontrak Saya Pasti Diperpanjang sampai Juni 2027

Tidak sedikit fans Indonesia yang menuliskan kata-kata rasial yang tidak pantas. Di antaranya akun rangga1611, luqmanhafii, melasthe.tics, khdnabdrr, ramadan2028.official, bagaspratama.003.

Masih banyak lagi netizen Indonesia yang melakukan prilaku haram di dunia sepakbola itu. Bahkan, saking banyaknya, federasi sepakbola Guinea menutup kolom komentar.

Alasan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia Gagal Kalahkan Tanzania

Bukan hanya akun IG federasi Guinea, sejumlah pemain Guinea juga diserang melalui media sosial, termasuk akun Ilaix Moriba.

Terkait hal ini, PSSI sudah angkat bicara. Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Mahendra Sinulingga meminta para suporter menerima kekalahan.

"Para pemain pulang dengan kepala tegak dan legawa menerima kekalahan. Jadi, kita berharap para suporter pun melakukan hal yang sama," ujar Arya, Jumat 10 Mei 2024.

Arya pun menyayangkan tindakan ujaran rasis kepada para pemain Guinea. Arya menyampaikan pelaku ujaran rasis bukan merupakan suporter sejati. 

"Jangan menodai perjuangan tim U-23 Indonesia dengan ujaran rasis kepada para pemain lawan," ucap Arya. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya