Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia Dapat Kabar Baik dari Ketum PSSI Erick Thohir

Shin Tae-yong dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir
Sumber :
  • Instagram Erick Thohir

VIVA – Shin Tae-yong mendapatkan kabar baik dari Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Kabar baik ini akan lebih memudahkan tugasnya saat memimpin Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran ketiga.

Gagal Hattrick Demi Arkhan Kaka, Jens Raven: Supaya Dia Percaya Diri

Sebelumnya, Timnas Indonesia mengamankan tiket ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, setelah menang 2-0 atas tamunya Filipina. 

Bertanding di Stadion Gelora Bung Karno, skuad Garuda membuka skor lewat tembakan keras Thom Haye serta digandakan Rizky Ridho lewat sundulan.

Jens Raven Gagal Cetak Hattrick Demi Arkhan Kaka, Indra Sjafri: Dia Tidak Egois

Timnas Indonesia pun menduduki posisi kedua di klasemen akhir Grup F, dengan koleksi sepuluh poin. 

Setelah memastikan diri tampil di putaran ketiga kualifikasi, Erick Thohir menyebut jika jadwal Liga Indonesia akan diberikan kelonggaran agar persiapan Timnas Indonesia bisa lebih matang. 

Pelatih Timor Leste Jagokan Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-19

Erick Thohir mengungkapkan, bahwa telah mengkomunikasikan dengan PT LIB, selaku operator liga, untuk memberikan waktu jeda agar skuad Garuda nantinya mempunyai persiapan. 

Erick mengatakan jika para pemain Timnas Indonesia akan punya waktu tiga atau empat hari jelang bertanding di pertandingan babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

"Saya sudah minta Liga (PT LIB) untuk FIFA match day selama tiga atau empat hari (jeda) untuk timnas bisa berkumpul. Tidak langsung istilahnya satu dua hari berkumpul langsung tanding karena kelasnya lebih tinggi," kata Erick Thohir kepada pewarta.

"Ini liga menyanggupi dan kita sekarang menyusun jadwal yang tepat bersama liga. Karena ini kan 2025 masih ada di bulan Maret dan Juni untuk empat pertandingan sisanya di tahun ini," imbuh Erick. 

Dengan kebijakan ini, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pun bisa senang lantaran pemain yang dipanggilnya kemungkinan tidak bentrok untuk membela klub di kompetisi domestik. 

Para pemain Liga 1 yang dipanggil Shin Tae-yong pun kemungkinan kecil tidak akan cedera lantaran masa jeda cukup panjang sebelum gabung ke Timnas Indonesia. 

Sementara itu di putaran ketiga, Timnas Indonesia akan bersaing dengan 17 dengan sejumlah negara top Asia lainnya termasuk Jepang, Qatar, Korea Selatan, hingga Australia. 

Timnas Indonesia akan bersaing memperebutkan enam tempat untuk lolos otomatis ke Piala Dunia 2026 yang berlangsung di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya