Asal Usul 12 Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia era Shin Tae-yong

Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) gencar melakukan naturalisasi sejumlah pemain berdarah Indonesia untuk memperkuat Timnas Merah Putih di era pelatih Shin Tae yong (STY).

Daftar Pemain Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2024 yang Jadi Sorotan Media Italia

STY sendiri mulai menahkodai Timnas Indonesia sejak 28 Desember 2019. Langkahnya dimulai dengan menyusun skuad baru di awal 2020 termasuk dengan memanggil sejumlah nama pemain keturunan di luar negeri.

Hingga pertengahan 2024, tercatat sudah 12 pemain naturalisasi disumpah menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Jokowi Berikan Golden Visa ke Shin Tae-yong

Timnas Indonesia vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Posisi sejumlah pemain naturalisasi tersebut beragam, ada penyerang, gelandang, bek hingga kiper. Pemain naturalisasi teranyar yang disumpah sebagai WNI yakni, Maarten Paes dan Calvin Verdonk.

Maarten Paes Turun Jadi Pemain Pengganti, MLS All Star Kalah Telak

Bukan tak mungkin jumlah pemain naturalisasi akan terus bertambah. Usai mengalahkan Filipina di babak pamungkas Kualifikasi Piala Dunia 2026, STY sempat menyinggung bakal menambah pemain naturalisasi lagi untuk lini depan.

Lantas, siapa saja 12 pemain naturalisasi di Timnas Indonesia serta dari mana asal usul darah keturunan yang mereka peroleh?

1. Jordi Amat

Jordi Amat, Timnas Indonesia vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jordi Amat merupakan pemain pertama yang dinaturalisasi di era STY. Bek yang lahir di Canet de Mar, Catalunya, Spanyol itu mendapat status sebagai WNI pada 17 November 2022 lalu.

Darah Indonesia yang mengalir di diri Jordi Amat berasal dari sang nenek yang lahir di Makassar, Sulawesi Selatan. Nenek Jordi Amat adalah anak dari Raja Siau, Sulawesi Utara (1895-1909), Manalang Doelag Kansil.

2. Sandy Walsh

Sandy Walsh, Timnas Indonesia vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Sandy Walsh menjalani sumpah sebagai WNI bersama dengan Jordi Amat. Sayangnya, di saat Amat sudah memulai debut pada Desember 2022, Walsh masih berhalangan akibat cedera. Dia baru debut di Timnas Indonesia pada September 2023.

Darah Indonesia yang dimiliki Sandy Walsh berasal dari sang ibu. Kakeknya lahir di Surabaya, Jawa Timur dan nenek di Purworejo, Jawa Tengah.

3. Shayne Pattynama

Shayne Pattynama, Timnas Indonesia vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Shayne Pattynama merupakan pemain naturalisasi ketiga di era STY. Dia sah menjadi WNI usai menjalani sumpah pada Januari 2023. Pemain KAS Eupen itu melakoni debut di Timnas Indonesia pada Juni 2023.

Darah Indonesia yang dimiliki Pattynama diperoleh dari sang ayah yang merupakan etnis Maluku dari Pulau Haruku, Maluku Tengah yang lahir di Semarang, Jawa Tengah.

4. Rafael Struick

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick

Photo :
  • Instagram: Rafael Struick

Rafael Struick resmi disumpah menjadi WNI pada Mei 2023. Dia menjalani debutnya di Timnas Indonesia saat menjamu Palestina 14 Juni 2023.

Adapun, Struick memperoleh darah Indonesia dari kedua belah pihak orang tuanya. Dia merupakan anak dari orang tua bernama Brian Struick dan Soraya Noraly Soedito. Rafael memiliki nenek dari pihak ayahnya bernama Eleonora Fredrika Rientsma Struick. Sang nenek merupakan perempuan kelahiran Semarang, Jawa Tengah.

Sedangkan ibunya, Soraya Noraly Soedito, adalah warga Belanda yang memiliki keturunan darah Suriname dan Jawa.

5. Ivar Jenner

Duel Ivar Jenner dan pemain Irak, Mustafa Saadoon

Photo :
  • AP Photo

Ivar Jenner disumpah sebagai WNI berbarengan dengan Struick. Pemain FC Utrecht itu menjalani debut di Timnas Indonesia saat menjamu Palestina 14 Juni 2023 lalu. Darah Indonesia yang diperoleh Ivar berasal dari neneknya. Ibu sang ayah lahir di Jember, Jawa Timur.

6. Justin Hubner

Justin Hubner

Photo :
  • PSSI

Justin Hubner sah menjadi WNI pada 6 Desember 2023. Dia memulai debut bersama Timnas indonesia dalam laga ujicoba melawan Libya pada 2 Januari 2024 lalu.

Justin memperoleh darah Indonesia dari kakeknya, Ferdinand Rudolf Hubner yang lahir di Makassar, Sulawesi Selatan.

7. Jay Idzes

Jay Idzes, Timnas Indonesia vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Pemain yang akrab disapa Bang Jay ini resmi menjadi WNI pada 28 Desember 2023. Jay memulai debutnya di Timnas Indonesia pada Maret 2024 lalu saat menghadapi Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dalam sesi wawancara beberapa waktu lalu, Jay mengatakan memiliki darah Indonesia dari kakek neneknya dari pihak ibu. Kakeknya berasal dari Jakarta dan neneknya berasal dari Semarang, Jawa Tengah.

8. Nathan Tjoe-A-On

Nathan Tjoe-A-On, Timnas Indonesia vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Nathan resmi mendapat status WNI pada 11 Maret 2024. Sama seperti Jay, Nathan juga melakoni debutnya saat melawan Vietnam pada 21 Maret 2024 lalu.

Pemain SC Heerenveen itu memiliki darah Indonesia dari sang kakek atau ayah dari ibunya yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah.

9.  Ragnar Oratmangoen

Ragnar Oratmangoen, Timnas Indonesia vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Ragnar resmi menjadi WNI pada 18 Maret 2024. Pemain Fortuna Sittard ini berhasil menjalankan debut manis di Timnas Indonesia usai mencetak gol saat melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Selasa, 26 Maret 2024.

Pemain kelahiran Belanda pada 21 Januari 1998 ini memiliki darah Indonesia melalui kakek dari ayahnya yang lahir di Maluku 3 November 1925 silam.

10. Thom Haye

Gelandang Timnas Indonesia, Thom Haye berebut bola dengan pemain Filipina Kevin

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Thom Haye mendapat status WNI berbarengan dengan Ragnar. Keduanya juga melakoni debut bersama saat melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pemain berjuluk The Professor ini memiliki garis keturunan Indonesia dari sang ibu. Kakek Haye lahir di Solo, Jawa Tengah dan neneknya berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara.

11. Maarten Paes

Calon kiper Timnas Indonesia Maarten Paes saat membela FC Dallas

Photo :
  • AP Photo/Julio Cortez

Maarten Paes resmi menjadi WNI pada 30 April 2024 lalu. Sayangnya, kiper FC Dallas ini belum bisa membela Timnas Indonesia. Karena terhalang regulasi FIFA soal perpindahan federasi, Maarten Paes diketahui tercatat pernah memperkuat Timnas U-21 Belanda.

Berbeda dengan sederet nama pemain di atas, Maarten Paes berstatus Blijvers alias Belanda totok atau tidak memiliki garis keturunan Indonesia. Lantas, mengapa dia bisa dinaturalisasi?

Usut punya usut Paes bisa menjalani proses naturalisasi karena masih berstatus blijvers dari sang nenek. Blijvers merupakan sebutan bagi para pendatang dari Eropa yang lahir dan menetap di Hindia Belanda, kini disebut Indonesia.

Kedua buyut Paes merupakan orang Eropa asli yang menikah dan tinggal di Hindia Belanda. Kemudian keduanya melahirkan nenek Paes di Kediri, Jawa Timur.

12. Calvin Verdonk

Calvin Verdonk, Timnas Indonesia vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Calvin Verdonk menjadi pemain teranyar yang dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia. Dia resmi berstatus WNI pada Selasa 4 Juni 2024. Dia menjalani debutnya saat Timnas Indonesia tekuk Filipina 2-0 di pertandingan pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Selasa, 11 Juni 2024 lalu.

Pemain N.E.C. Nijmegen ini memiliki darah keturunan Indonesia dari Ayahnya yang bernama Ronald Alting Siberg. Ayah Verdonk lahir di Meulaboh, Aceh pada 6 Februari 1958 silam.

shin tae-yong

Janji Shin Tae-yong untuk Indonesia Usai Dapat Golden Visa dari Presiden Jokowi

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyampaikan banyak terimakasih atas penghargaan yang dia terima dari Preisden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo alias Jokowi.

img_title
VIVA.co.id
25 Juli 2024