Titip Pesan ke Nova, Shin Tae-yong Tinggalkan Timnas Indonesia

Shin Tae-yong, Pelatih Timnas Indonesia
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Shin Tae-yong sudah berpamitan ke para staf pelatih dan pemain Timnas Indonesia usai pertandingan melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa 11 Juni 2024.

Gagal Hattrick Demi Arkhan Kaka, Jens Raven: Supaya Dia Percaya Diri

Shin Tae-yong akan pergi lama selama sebulan penuh setelah berhasil membawa Timnas Indonesia lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kepastian itu didapat usai Timnas Indonesia mengalahkan Filipina 2-0. Hasil ini membuat Indonesia finis sebagai runner up Grup F dengan poin 10 dan menemani Irak sang pemuncak klasemen.

Jens Raven Gagal Cetak Hattrick Demi Arkhan Kaka, Indra Sjafri: Dia Tidak Egois

Shin Tae-yong sudah berkutat lama dengan Timnas Indonesia dari awal tahun pada ajang Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar, Januari 2024, Shin Tae-yong kemudian menangani Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia hingga playoff Olimpiade pada Mei.

Kini, setelah putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 berakhir, Shin Tae-yong akan meninggalkan Timnas Indonesia. Dia akan kembali ke kampung halamannya di Korea Selatan.

Pelatih Timor Leste Jagokan Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-19

Tapi, Shin Tae-yong pergi untuk sementara. Dia ke Korea Selatan untuk berlibur setelah agenda padat Timnas Indonesia.

“Coach Shin akan kembali (ke Korea Selatan) tanggal 15 Juni dan baru ke Indonesia lagi 20 Juli,” ungkap asisten pelatih Nova Arianto, dilansir TVonenews.

Nova yang kini mendapat kepercayaan dari PSSI untuk menukangi Timnas Indonesia U-16 itu pun juga pamit kepada Shin Tae-yong. Nova akan fokus menangani Timnas Indonesia U-16 yang bakal mengarungi Piala AFF U-16 2024 yang akan digelar di Solo mulai 21 Juni hingga 4 Juli mendatang. 

Sebelum Shin Tae-yong pergi, Nova mengaku mendapatkan pesan dari pelatih 53 tahun tersebut. "Saya juga izin ke coach Shin karena harus kembali ke Solo,” kata Nova Arianto.

“Beliau (Shin Tae-yong) berpesan agar memberikan yang terbaik, sukses dan apa yang dipersiapkan selama ini berjalan sesuai rencana,” ujar legenda Persib Bandung itu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya